Minggu, 25 Februari 2024
spot_img

1.245 Personel Polri Dikerahkan Amankan 5.914 TPS di Kepri

Berita Terkait

spot_img
wakapolda

Wakapolda Kepri Brigjen. Pol. Asep Safrudin. (F. Humas Polda Kepri)

batampos – Wakapolda Kepri Brigjen. Pol. Asep Safrudin, menggelar apel kesiapan pengamanan dan pengecekkan personel PAM TPS di Lapangan Bhayangkara Polda Kepri, Selasa (6/2).

“Tugas dari Polri dalam pengamanan TPS yaitu membantu KPPS dalam pengamanan kegiatan pemungutan suara, perhitungan dan rekapitulasi suara di lokasi TPS, melakukan tindakan kepolisian guna mencegah ambang gangguan tidak menjadi gangguan nyata, perhitungan dan rekapitulasi suara di seputar wilayah TPS,” terangnya.

Asep menambahkan , tugaslainnya adalah membantu pengamanan pengawalan kotak suara hasil rekapitulasi suara dari TPS ke tempat tujuan yang ditetapkan.

Wakapolda Kepri juga mengingatkan anggota pengamanan TPS untuk tetap mengedepankan netralitas dan profesionalisme dalam melaksanakan tugas.

Baca Juga: Sambut Imlek, ASDP Tambah Trip Kapal Roro ke Tanjunguban

“Netralitas adalah prinsip yang sangat penting dalam menjaga keadilan dan ketertiban selama proses pemilihan umum,” jelasnya.

Lanjutnya dengan tidak terlibat dalam kegiatan politik praktis dan tidak menggunakan hak memilih serta dipilih, Polri dapat memastikan bahwa pemilu berjalan dengan lancar dan adil bagi semua pihak.

“Apabila masih ditemukan anggota yang melanggar akan ditindak secara tegas sesuai ketentuan yang berlaku,” tegasnya.

Personel pengamanan TPS bertanggung jawab penuh memastikan keamanan seluruh proses di hari pemungutan dan penghitungan suara berjalan jujur, adil, dan transparan.

Ia juga menegaskan agar personil Polri mencegah potensi rawan yang ada di sekitar area TPS sehingga tidak menjadi gangguan nyata yang dapat mengganggu stabilitas pemilihan umum secara serentak yang demokratis dan bermatabat.

“Selain pengamanan kegiatan pemungutan, perhitungan, dan rekapitulasi suara sebagai bagian penting dalam rangkaian kegiatan Polri dalam pelaksanaan operasi mantap Brata Seligi,” katadia

Polri diharapkan mampu mengamankan terlaksananya pemilihan Presiden dan Wapres serta legislatif tahun ini yang demokratis serta sesuai dengan prinsip-prinsip penyelenggaraan pemilu.

Polda Kepri telah menyiapkan BKO personel ke Polres jajaran sejumlah 1.245 personel yang disebar di 5.914 TPS dengan rincian BKO sebagai petugas PAM TPS sebanyak 911 personel, pasukan Dalmas Ditsamapta sebanyak 234 personel, dan pasukan PHH SATBRIMOB sebanyak 100 personel.

“Hari ini personel yang terlibat melaksanakan pemeriksaan kesehatan,” jelasnya.

Baca Juga: Mitsubishi Xforce Mulai Diekspor dari Indonesia

Melalui upaya ini, diharapkan bahwa setiap personel Polri dapat memasuki tugasnya dengan kondisi kesehatan yang prima, mampu menjalankan tugasnya dengan maksimal, dan menghadirkan rasa aman dan percaya diri di tengah masyarakat.

Tetaplah menjaga keamanan di TPS dengan menghindari potensi gangguan dan menjunjung tinggi netralitas serta profesionalisme.

 

“Saya yakin, dengan kerja keras dan sinergi, pemilu ini akan berlangsung sukses, mencerminkan semangat demokrasi yang kita junjung tinggi,” tutupnya. (*)

 

Reporter ; Azis Maulana

spot_img
spot_img

Update