Selasa, 17 September 2024
spot_img

1000 Mahasiswa UT Batam mengikuti Orientasi Studi Mahasiswa Baru (OSMB) Tahap 2

Berita Terkait

spot_img
universitas terbuka
1000 mahasiswa baru yang mengikuti kegiatan OSMB. Hadir pada kesempatan itu adalah Wakil Wali Kota Batam Amsakar Ahmad, S.Sos.,M.Si didampingi oleh Wakil Rektor Bidang Riset, Inovasi, Kerjasasama dan Bisnis Rahmat Budiman, S.S.,M.Hum.Ph.D. serta Direktur UT Batam Angga Sucitra Hendrayana, S.E.,M.Si.

batampos – Universitas Terbuka (UT) Batam telah selesai menyelenggarakan Kegiatan Orientasi Studi Mahasiswa Baru (OSMB) Minggu tanggal 08 September 2024. OSMB di Universitas Terbuka Batam merupakan kegiatan pengenalan sistem perkuliahan terbuka dan jarak jauh kepada mahasiswa baru Universitas Terbuka, yang dilaksanakan setiap semester. Hari ini sebanyak 1000 mahasiswa baru yang mengikuti kegiatan OSMB.

Kegiatan OSMB UT Batam dilakukan secara bertahap yang diselenggarakan pada hari sabtu dan Minggu secara luring. Hari ini merupakan hari kedua kegiatan OSMB untuk wilayah Kota Batam digelar bagi mahasiswa yang terdaftar pada Fakultas Hukum, Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FHISIP) dan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) pada semester 2024/2025 Ganjil tahun ini.



Tujuan dari kegiatan ini untuk membangun kesiapan, kesanggupan dan keberhasilan mahasiswa baru dalam sistem pendidikan tinggi terbuka dan jarak jauh. Dalam pelaksanan kegiatan OSMB ada beberapa materi yang disampaikan oleh beberapa narasumber yakni:

• Sistem Pendidikan tinggi di Indonesia,
• Pendidikan Tinggi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara
• UT Online (Panduan belajar di UT),
• Perpustakaan digital UT,
• Berkomunikasi Smart pada dunia maya
• Proses Aplikasi praktik untuk mahasiswa.

Direktur UT Batam, Angga Sucitra Hendryana,S.E.,M.M. memberikan sambutan sekaligus membuka acara kegiatan OSMB ini yang dimana kegiatan ini merupakan jembatan penghubung bagi mahasiswa baru agar dapat beradaptasi sebagai pembelajar mandiri di Universitas Terbuka. Kemudian dengan kegiatan OSMB ini, mahasiswa UT juga akan mengenal sistem pembelajaran dan layanan online seperti apa di Universitas Terbuka yang dapat dimanfaatkan oleh mahasiswa agar dapat sukses menjalankan perkuliahan jarak jauh dengan baik.

Selain itu kegiatan OSMB UT Batam kali ini dihadiri langsung oleh Wakil Rektor Bidang Riset, Inovasi, Kerjasama dan Bisnis Universitas Terbuka Rahmat Budiman, S.S.,M.Hum.,Ph.D.

Rahmat menyampaikan bahwa Universitas Terbuka merupakan perguruan Tinggi Negeri yang ke 45 namun setelah menjadi Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (PTNBH) Universitas Terbuka berada di peringkat ke 21 untuk itu mahasiswa baru jangan merasa rendah diri. Universitas Terbuka merupakan perguruan tinggi yang terbuka bagi semua orang berdasarkan usia, status sosial dan juga fleksibel bisa dimana saja dan kapan saja.

Hal ini terbukti dengan adanya Ibu dan anak yang mendaftar pada masa 2024/2025. Ibu Risma Boru Tambu (49 tahun) dan anaknya Alexander Eza Raja Rama yang baru lulus SMA tahun 2024 ini mendaftar di UT pada program studi Ilmu Hukum.

Pada kegiatan OSMB ini Wakil Wali Kota Batam Bapak H. Amsakar Ahmad, S.Sos., M.Si juga turut hadir untuk memberikan motivasi kepada mahasiswa baru UT Batam. Dalam penyampaiannya beliau menyampaikan manfaatkanlah momentum OSMB ini untuk saling mengenal sesama mahasiswa dan civitas akademis UT. Setelah bergabung di UT maka bergabunglah secara verbal belajar yang serius, karena orang yang belajar dengan orang tidak bellajar itu sama-sama cape, jadi belajarlah yang serius.

Terakhir pada kegiatan ini Wakil Wali Kota Batam, Amsakar Ahmad, S.Sos.,M.Si didampingi oleh Wakil Rektor Bidang Riset, Inovasi, Kerjasasama dan Bisnis Rahmat Budiman, S.S.,M.Hum.Ph.D. serta Direktur UT Batam Angga Sucitra Hendrayana, S.E.,M.Si. menyematkan almamater kepada perwakilan mahasiswa UT Batam. (*)

spot_img
spot_img

Update