Senin, 15 April 2024
spot_img

400 Personel Disiagakan untuk Amankan Arus Mudik Lebaran di Bandara Hang Nadim Batam

Berita Terkait

spot_img
bandara
Penumpang check-in di konter maskapai penerbangan di Bandara Hang Nadim Batam. Foto: Cecep Mulyana/ Batam Pos

batampos – PT Bandara Internasional Batam (BIB) mendirikan Posko Tepadu angkutan mudik lebaran di Bandara Hang Nadim Batam, Rabu (3/4). Posko ini memiliki fungsi layanan informasi, kesehatan dan keamanan di area bandara.

“Posko tersebut mulai beroperasi pada tanggal 3 sampai 16 April,” kata Direktur Operasi PT Bandara Internasional Batam (BIB), Nugroho Jati, Rabu (3/4).

Nugroho mengatakan, bahwa pendirian posko dilakukan pra dan pasca idul fitri. Di posko terdapat sejumlah layanan yang dihadirkan. Untuk layanan kesehatan, PT BIB bekerja sama dengan Pemerintah Kota (Pemko) Batam. Selain itu, juga ada dari KKP. “Tim sudah siap untuk menjalankannya,” kata Nugroho.

Di Posko Terpadu Angkutan Lebaran tahun ini, setidaknya ada lebih kurang 400 personel yang disiagakan, melibatkan unsur pemerintah, hingga TNI/Polri. “Personel ini ditempatkan di bandara sampai waktu yang ditentukan,” jelasnya

Di sisi lain, Nugroho juga membeberkan perihal arus mudik lebaran 2024. PT BIB memperkirakan penumpang naik sekitar 10 persen dari tahun lalu. “Kalau untuk puncak arus mudik, itu perkiraan kami terjadi di tanggal 6 April, dengan jumlah 17 ribu penumpang per hari. Lalu untuk arus balik kemungkinan berlangsung pada 16 April, dengan jumlah penumpang 16 ribu per hari,” terangnya.

Ada juga tambahan extra flight sebanyak 37 penerbangan. Untuk rute paling banyak itu Jakarta – Batam – Jakarta, lalu Batam – Medan – Batam, serta Batam – Pekanbaru. (*)

Reporter: Azis Maulana

spot_img

Update