Kamis, 17 Oktober 2024

Pastikan Pendistribusian Lancar dan Aman, Polda Kepri Kawal Surat Suara Pilkada 2024

Berita Terkait

spot_img
be1153ed 12b8 4715 8305 c84f0ee87dc2
Kasubdit Audit Ditpamovit Polda Kepri, AKBP Syafruddin Dalimunthe melakukan pendampingan dan pengawalan surat suara dari perusahaan percetakan, yakni di PT Impera Pratama Indonesia, Jawa Timur, Rabu (16/10).

batampos – Polda Kepri memastikan tahapan percetakan dan pendistribusian surat suara Pilkada Gubernur 2024 di Kepri berjalan lancar. Hal ini dimulai dengan pendampingan dan pengawalan surat suara dari perusahaan percetakan, yakni di PT Impera Pratama Indonesia, Jawa Timur, Rabu (16/10).

Kasubdit Audit Ditpamovit Polda Kepri, AKBP Syafruddin Dalimunthe mengatakan kegiatan ini merupakan langkah penting dalam memastikan seluruh tahapan Pilkada berjalan dengan lancar, aman, dan sesuai dengan prosedur yang telah ditetapkan.

“Melalui kegiatan ini, aparat keamanan berupaya memastikan bahwa tidak ada hambatan atau potensi gangguan selama proses produksi dan distribusi surat suara hingga ke tempat pemungutan suara,” ujarnya.

Selain Polda Kepri, pendampingan dan pengawalan surat suara ini turut dilakukan iniKomisi Pemilihan Umum Provinsi Kepri, Badan Pengawas Pemilu Provinsi Kepri, Polda dan Kejaksaan Tinggi Provinsi Kepri.

“Pendampingan dan pengawalan ini merupakan wujud nyata komitmen bersama untuk menjamin bahwa setiap proses Pilkada, termasuk produksi surat suara, dilakukan secara transparan dan dapat dipertanggungjawabkan,” kata Stafruddin.

Adapun surat suara yang dikawal berjumlah 1.602.278 lembar. Dengan rincian jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT): 1.559.727 lembar, surat suara cadangan atau 2,5 persen dari jumlah DPT, 40.551 lembar, dan surat suara tambahan untuk pemungutan suara ulang (PSU) sebanyaj 2.000 lembar.

“Pendampingan dan pengawalan tidak hanya dilakukan pada proses pencetakan surat suara, tetapi juga akan berlanjut hingga distribusi surat suara ke seluruh wilayah Provinsi Kepri,” ungkap Syafruddin.

Ia menjelaskan kegiatan ini merupakan bagian dari Operasi Mantap Praja Seligi 2024 yang bertujuan untuk menjamin keamanan, transparansi, serta kelancaran seluruh tahapan Pilkada serentak tahun 2024.

“Kami mengajak seluruh masyarakat untuk berperan aktif dalam menciptakan Pilkada yang damai, aman, dan tertib. Hindari segala bentuk provokasi, berita hoaks, atau tindakan yang dapat memicu konflik,” katanya.

Sementara Kabidhumas Polda Kepri Kombes Zahwani Pandra Arsyad mengimbau masyarakat Kepri agar tidak mudah terprovikasi dengan berita bohong atau hoaks jelang Pilkada ini

“Pilkada yang aman dan damai merupakan tanggung jawab kita bersama. Mari kita wujudkan pesta demokrasi ini dengan penuh kedamaian, serta menjaga nilai-nilai demokrasi yang sudah kita bangun,” tutupnya. (*)

Reporter: YOFI YUHENDRI

spot_img

Update