batampos – Sebanyak 536 Warga Negara Asing (WNA) mengajukan izin tinggal di Kota Batam, Provinsi Kepri.
Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Batam, Subki Miuldi, mengatakan, dalam Layanan Izin Tinggal yang telah diberikan pada Warga Negara Asing (WNA) periode Nobember hingga Desember sebanyak 527 permohonan.
Dengan rincian, pemberian Izin Tinggal Kunjungan sebanyak 82 permohonan, Pemberian Izin Tinggal Terbatas sebanyak 435 permohonan dan pemberian Izin Tinggal Tetap sebanyak 10 permohonan.
Baca Juga: BI Kepri Sediakan Rp 908 Miliar untuk Natal dan Tahun Baru di Batam
Selain itu, ada juga perpanjangan Izin Tinggal bagi Wisatawan mancanegara khusus kegiatan wisata (VOA). Adapun jumlahnya khusus dari negara tetangga seperti Malaysia sebayak 5 permohonan dan Singapura 4 permohonan.
“Jadi ada 536 yang mengajukan permohonan. Itu dalam rangka urusan keluarga, sosial dan lainnya,” katanya.
Dalam rangka pengendalian dan antisipasi agar pelayanan keimigrasian bagi WNA tetap berjalan optimal, Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Batam melakukan berbagai strategi berlapis.
Baca Juga: Harga Tiket Kapal Roro Batam-Sei Selari
Sebagai bentuk antisipasi terhadap lonjakan arus pelayanan keimigrasian khususnya di Seksi Izin Tinggal Keimigrasian, Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Batam telah melakukan Briefing Internal kesiapan Petugas, pengecekan perangkat dan kesisteman, dan serta menetapkan jadwal piket pegawai.
“Sehingga, para pegawai yang termasuk dalam jadwal agar melaksanakan dengan sebaik-baiknya sehingga tercipta situasi yang kondusif serta mengantisipasi hal-hal yang tidak terduga terjadi,” ujarnya.
Baca Juga: Jadwal Kapal dan Harga Tiket Ferry Dumai Express Semua Rute
Menurut data yang tercatat di Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Batam, jumlah penumpang di Pelabuhan Batam Center saat ini sudah mengalami peningkatan hingga 100 persen. Sementara di Pelabuhan Citra Tri Tunas Harbourbay meningkat sebesar 30 persen.
“Kami juga telah siapkan tambahan vitamin buat petugas kita guna, membantu petugas agar tetap fit dan prima dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat,” tutup Subki.(*)
Reporter: Eggi Idriansyah