Selasa, 27 September 2022

93 UMKM Bergabung di Sentra Oleh-Oleh di MB2

Berita Terkait

spot_img
umkm
Sentra oleh-oleh Batam di Mall Botania 2 resmi beroperasi. Ada 93 UMKM yang tergabung di sentra oleh-oleh tersebut. Foto: Yashinta/Batam Pos

batampos – Sebanyak 93 UMKM besar maupun kecil bergabung dalam pusat oleh-oleh khas Batam di sentra oleh-oleh Batam yang diinisiasi Disperindag Kota Batam yang resmi beroperasi di Mal Botania 2 Batamcenter, Minggu (4/8/2022).

Kadisperindag Kota Batam, Gustian Riau, mengatakan, dari 1.823 UMKM yang ada di Batam, terpilih hanya 93 UMKM yang bergabung di Sentra Oleh-oleh. Dimana di antara UMKM yang bergabung, beberapa di antaranya menjual secara online.

“Selama ini banyak dari UMKM menggunakan online sebagai wadah berjualan. Jadi bentuk suporting pemerintah, kami membuka Sentra Oleh-oleh, untuk wadah mereka bisa berjualan langsung,” ujar Gustian.

Advertisement

Menurut dia, Sentra Oleh-oleh khas Batam ini juga bekerjasama dengan Dekranasda Batam. Dimana yang dijual tak hanya berbagai makanan, namun juga ada souvenir, baju berisi pantun yang memang khas melayu.

“Alhamdulillah tadi, hari pertama di buka Sentra oleh-oleh diserbu. Harga-harga disana kami pastikan juga murah,” jelas Gustian.

Dalam peresmian acara, pihaknya juga mengundang sejumlah pelaku pariwisata. Ia berharap pelaku pariwisata, khususnya agen travel dapat membantu memajukan pusat oleh-oleh tersebut. Dengan cara membawa wisatawan asing maupun domestik untuk berbelanja oleh-oleh ke sana.

“Ya harapan kami, Sentra oleh-oleh ini bisa memajukan UMKM di Batam. Dan terus mendokrak pertumbuhan ekonomi di Batam, ” Kata Gustian.

Ia juga tak lupa mengucapkan terimakasih dengan MB2, yang sudah memfasilitasi tempat untuk Sentra Oleh-oleh.. Kemudian juga telah mengratiskan lokasi selama 6 bulan untuk UMKM.

“Ada 16 kios sebagai tempat berjualan UMKM. Untuk tahap awal, bayarnya langsung. Tapi seiring berjalan, nanti pembayaran satu pintu,”pungkas Gustian.

Peresmian Sentra oleh-oleh ini sempat tertunda beberapa bulan karena alasan desain lokasi. Namun pada akhirnya desain dibuat sederhana hingga bisa diresmikan. (*)

Reporter: Yashinta

spot_img
spot_img
spot_img

Update