Rabu, 16 Oktober 2024

Polibatam Raih TOP 3 Best Indonesia Halal Industry Award

Berita Terkait

spot_img
F 1 Polibatam Selasa 13 Desemer 2022. F Polibatam
Polibatam Raih TOP 3 Best Indonesia Halal Industry Award. F Polibatam

Diselenggarakan Kemenperin RI Tahun 2022

batampos – Politeknik Negeri Batam (Polibatam) meraih penghargaan sebagai TOP 3 Best dalam program Indonesia Halal Industry Award (IHYA) 2022 di Cendrawasih Room, Jakarta Convention Centre (JC), Jalan Gatot Subroto No. 1 Jakarta Pusat, Jumat (9/ 12/ 2022). Event halal ini dilaksanakan Kementerian Perindustrian (Kemenperin).

”Dua kategori yang diraih yakni Best Academic Social Impact Initiative dan Academic Achievement on Halal Innovation,” sebut Wakil Direktur III Bidang Kemahasiswaan, Kerjasama dan Alumni Polibatam, Dr Muhammad Zaenuddin SSi MSc, dari Polibatam, Batam Kota, Selasa (13/12/2022).

Pengurus Pusat Kajian Halal (PKH) Polibatam, Elin Aprilia ST menambahkan, ikhtiar Polibatam untuk terus ikut berpartisipasi penguatan ekosistem halal di Indonesia mendapat banyak dukungan dan doa.

”Terima kasih kepada rekan-rekan PKH Polibatam, semoga terus menebar semangat kebaikan dan manfaat untuk kemajuan lembaga pendidikan kita ini,” tegas Elin.

Elin melanjutkan, penghargaan ini diperoleh setelah mendapat surat undangan dari Kemenperin Nomor: B/ 170/ SJ-Ind/ XII/ 2022 di Jakarta tertanggal 7 Desember 2022, ditandatangai Sekretaris Jenderal Kemenperin, Dody Widodo. Sementara sertifikat penghargaan itu ditandantangani Menperin, Dr Agus Gumiwang Kartasasmita MSi.

Ditambahkan Elin, Best Halal Innovation (Inovasi Halal Terbaik) diberikan kepada perusahaan industri, kementerian/ lembaga, pemerintah daerah provinsi, pemerintah daerah kabupaten/ kota, institusi pendidikan tinggi, dan/ atau organisasi masyarakat yang melakukan inovasi di bidang industri halal.

Polibatam telah melakukan melakukan inovasi di bidang industri halal yaitu dengan membuat peta berbasis internet berisi informasi lokasi restoran-restoran halal dan masjid yang tersedia di Batam. Itu dapat dilihat pada laman web https://pkh-halalbatam.com. Diharapkan dengan inovasi ini dapat membantu sektor pariwisata kota batam yang salah satu pengembangannya adalah pembentukan wisata halal. Inovasi ini bekerja sama dengan MUI dan Dinas Pariwisata Batam.

BACA JUGA: Mahasiswa Polibatam Produksi Film Animasi Ficusia

Elin melanjutkan, Polibatam mendukung program pemerintah menciptakan ekosistem halal di Indonesia dengan melakukan pengabdian masyarakat secara daring maupun luring. Kegiatan itu antara lain sosialisi cara pengurusan sertifikasi halal, cara penyembelihan hewan kurban, pelatihan para pendampingan proses produk halal serta pengabdian masyarakat lainnya. Informasi dapat dilihat di laman https://pkh.polibatam.ac.id.

Dari kegiatan tersebut, Polibatam menerima penghargaan TOP 3 pada IHYA 2022 yaitu kategori Best Social Impact Initiatives (program sosial kemasyarakatan terbaik). Kategori ini diberikan kepada perusahaan industri, institusi pendidikan tinggi, dan/ atau organisasi masyarakat yang berperan dalam pemberdayaan masyarakat di bidang halal. Baik di tingkat daerah maupun nasional.

Apa yang didapat kali ini, yaitu penghargaan, adalah hasil dari kerja keras dan upaya PKH Polibatam menjalankan proses halal di bidang industri. (*)

Reporter: Suprizal Tanjung

 

spot_img

Update