Senin, 13 Januari 2025

Pelayanan Polresta Barelang Terbaik se-Kepri

Berita Terkait

spot_img
Kapolresta Barelang, Kombes Pol Nugroho, saat mengecek pelayanan SKCK. Polresta Barelang meraih nilai tertinggi dalam pelayanan publik berdasarkan penilaian dari Ombudsman RI. Foto: Humas Polresta Barelang

batampos – Polresta Barelang meraih nilai tertinggi dalam pelayanan publik berdasarkan penilaian dari Ombudsman RI. Nilai yang diraih Polresta Barelang berdasarkan Kepatuhan Standar Pelayanan Publik adalah kategori A, dengan nilai 90,31.

Hal itu disampaikan oleh Kepala Perwakilan Ombudsman Kepri, Lagat Parroha Patar Siadari. Penilaian ini sesuai dengan Undang-Undang nomor 25 tahun 2009.


Penilaian ini juga salah satu upaya pencegahan maladministrasi dengan menilai kondisi penyelenggaraan pelayanan publik secara komprehensif.

Dari beberapa polres yang ada di Kepri, Polresta Barelang mendapatkan nilai terbaik dalam pelayanan. Rata-rata polres lainnya di Kepri mendapatkan penilaian kategori B. Polres Lingga mendapatkan nilai 87,43, Polres Anambas 82,74, Polres Bintan 80,66, Polresta Tanjungpinang 79,34, Polres Natuna 78,9. Lalu, Polres Karimun 88,71, mendapatkan kategori penilaian A.

Baca Juga: 1.533 Orang Tinggalkan Batam Melalui Pelabuhan Ferry Sekupang

Penilaian tahun ini sedikit berbeda. Sebab penilaian diperluas dengan pengukuran kompetensi, penyelenggara, pemenuhan sarana dan prasarana dan standar pelayanan serta pengelolaan pengaduan.

“Kepala daerah penyelenggaraan pelayanan tingkat pemda dan pimpinan lembaga dapat meningkatkan kualitas pelayanan. Selalu melakukan survey kepuasaan masyarakat (SKM),” kata Lagat.

Ia mengatakan Ombudsman RI Perwakilan Kepri akan terus melakukan evaluasi implementasi pelayanan publik di Provinsi Kepri.

Atas penilaian ini, Kapolresta Barelang, Kombes Pol Nugroho, mengatakan, akan terus memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

Baca Juga: Harga Tiket Kapal Roro Sei Selari-Batam Terbaru

“Kami akan hadir ditengah-tengah masyarakat,” tuturnya.

Ia mengatakan dirinya dan seluruh Kapolsek serta Bhabinkamtibmas telah membagikan nomor telepon. Sehingga, masyarakat yang mendapatkan pelayanan buruk, dapat segera melaporkan hal tersebut.

“Ini sebagai wujud bahwa kepolisian khususnya Polresta Barelang akan terus hadir di tengah tengah masyarakat,” tuturnya.

Baca Juga: Batam dan Sekitarnya Hujan Ringan di Akhir Pekan

Nugroho juga mengatakan telah melaksanakan Program Curhat Kamtibmas. Program ini, Nugroho sebagai Kapolresta Barelang turun langsung mengecek setiap problem di masyarakat.

“Bertemu tokoh agama, masyarakat, mendengarkan langsung curhatan mengenai kamtibmas. Hal ini juga dilakukan kapolsek see Batam,” tuturnya.(*)

Reporter: Fiska Juanda

spot_img

Update