Minggu, 1 Desember 2024
spot_img

Natal dan Tahun Baru 2023, Trafik Data XL Axiata Naik 50 Persen

Berita Terkait

spot_img
Teknisi XL Axiata melakukan pemeliharaan perangkat BTS. Foto: Istimewa untuk Batam Pos

batampos – PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) berhasil mengawal dan melayani lonjakan kebutuhan data pelanggan sepanjang liburan Natal dan Tahun Baru 2023 (Nataru).

Dari monitoring 24 Desember 2022 hingga 2 Januari 2023, rata-rata trafik layanan pada periode tersebut meningkat sebesar 8 persen dibandingkan hari normal dan 29 persen dibandingkan periode sebelumnya.


“Sedangkan puncak kenaikan trafik layanan terjadi pada malam tahun baru yang mencapai 50 persen dibandingkan kondisi hari normal,” ujar Direktur & Chief Teknologi Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa, Kamis (12/1/2023).

Baca Juga: Mobil Listrik Kian Digemari Masyarakat Batam

Seperti yang telah diprediksi, layanan streaming mendominasi lonjakan kenaikan trafik layanan.

“Sebaliknya, trafik layanan legacy, yaitu percakapan hanya mengalami kenaikan sebesar 2 persen dan SMS sebesar 5 persen dibandingkan hari biasa,”lanjutnya.

XL Axiata telah menyiapkan jaringan untuk melayani dan menjaga kenyamanan pelanggan selama libur panjang Natal dan Tahun Baru 2023.

“Ini menjadi komitmen XL Axiata dalam menjaga kualitas layanan , termasuk perayaan Natal dan pergantian tahun baru. Dan seperti yang kami prediksikan sebelumnya, ada kenaikan trafik data yang signifikan mengingat terjadi mobilitas masyarakat di berbagai wilayah untuk merayakan dan menikmati liburan,” ujarnya.

Baca Juga: Warga Batam! Hujan Ringan akan Berlangsung Lama Beberapa Hari Kedepan

Gede melanjutkan, XL Axiata juga bersyukur selama periode liburan tersebut jaringan kami tetap prima, tidak mengalami gangguan yang berarti karena sebelumnya XL Axiata sudah melakukan sejumlah langkah antisipatif.

” Di antaranya adalah berupa peningkatan kapasitas hingga dua kali lipat, pengerahan mobile BTS , menyiapkan genset lengkap dengan bahan bakarnya di area-area rawan bencana, serta kesiapan melakukan rekayasa pengalihan jaringan di area yang terganggu ke jaringan yang ada di sekitarnya,” ujarnya.

Baca Juga: Dugaan Kartel Harga Tiket Batam-Singapura, Kadin Tunggu Keputusan Dari KPPU

Sementara jtu pelanggan XL Axiata yang keluar negeri memanfaatkan program-program XL Axiata selama liburan Nataru mencapai sekitar 300 ribu pelanggan.

“Negara yang paling banyak dikunjungi Malaysia, Kamboja dan Singapura,”tutupnya.(*)

Reporter: Azis Maulana

spot_img

Update