Selasa, 22 Oktober 2024

Dirlantas Polda Kepri: Tak Usah Percaya Hoaks, Patuhi Saja Aturan Lalu Lintas

Berita Terkait

spot_img
Razia Kendaraan 1 F Cecep Mulyana
Ilustrasi. Direktorat Lalu Lintas Polda Kepri melaksanakan Operasi Keselamatan Seligi 2023. Foto: Cecep Mulyana/Batam Pos

batampos – Setiap operasi lalu lintas, selalu beredar kabar mengenai lokasi razia. Kabar-kabar tersebut dipastikan hoaks oleh Direktur Lalu Lintas Polda Kepri, Kombes Tri Yulianto.

Tri meminta masyarakat tidak usah pedulikan kabar-kabar itu. Sebab, yang masyarakat harus perhatikan adalah selalu mematuhi aturan lalu lintas. “Keselamatan, harus jadi perhatian masyarakat semua,” kata Tri, Kamis (9/2).

Ia mengatakan saat ini operasi keselamatan seligi, tak lagi mengusung konsep razia. Namun, kegiatan yang diprioritaskan adalah edukasi dan sosialisasi.

Baca Juga: 3 Hari Razia, Didominasi Pelanggaran Lawan Arus dan Tidak Menggunakan Helm

Penindakan akan tetap dilakukan, apabila masyarakat melanggar aturan yang membahayakan keselamatannya seperti tidak memakai helm, menerobos lampu merah dan mengemudi saat mabuk atau menggunakan ponsel.

“Penting itu memikirkan, bagaimana masyarakat tidak melanggar aturan itu,” ucapnya.

Masyarakat, kata Tri, tak usah risau jika ada polisi atau tidak. Keberadaan polisi untuk memberikan keamanan dan kenyamanan bagi masyarakat.

Sehingga, masyarakat bisa tenang berlalu lintas. “Ada polisi atau tidak, masyarakat tidak perlu khawatir. Perhatikan saja aturan dan patuhi,” ujarnya.

Baca Juga: Tersandung Kasus Narkotika, DPW Nasdem Segera Keluarkan Rekomendasi Pengganti Azhari David

Masyarakat, kata Tri, sebelum berangkat dari rumah atau ingin berkendara, perhatikan segala kelengkapan, mulai dari SIM, STNK, dan kelayakan kendaraan.

Bagi pengendara motor, pakai helm dan pengendara mobil gunakan sabuk pengaman. “Jangan lupa berdoa,” tuturnya. (*)

 

Reporter: FISKA JUANDA

spot_img

Update