Minggu, 27 Oktober 2024

JCH Kloter Pertama Siap Masuk Asrama Haji Batam

Berita Terkait

spot_img
Asrama Haji Batam 1 F Cecep Mulyana
Asrama Haji Batam. Foto: Cecep Mulyana/Batam Pos

batampos – Menyambut musim haji tahun ini, jamaah calon haji (JCH) kloter pertama bersiap masuk asrama, dan diberangkatkan menuju Makkah, Rabu (24/5).

Embarkasi Hang Nadim Batam siap melayani calon jamaah haji dari empat provinsi di Indonesia, di antaranya Kalimantan Barat, Kepri, Riau dan Jambi.

Kepala Bidang Haji dan Umrah Kemenag Muhammad Syafii saat dihubungi di Batam, mengatakan untuk calon jamaah haji asal Kepri dan Kalimantan Barat akan menginap terlebih dahulu di Asrama Haji Batam sebelum akhirnya diberangkatkan ke Arab Saudi.

Masing-masing kloter ini terdiri dari 369 jamaah dan lima orang petugas kloter. Jadi total ada 374 orang. Untuk kloter pertama yang berangkat adalah dari Kepri.

Baca Juga: Kondisi Terkini Pasar TPID II Batam, Banyak Pedagang Tutup Karena Sepi Pembeli

“Minggu depan sudah mulai masuk asrama, setelah mendapatkan bekal dan pengarahan, JCH akan diberangkatkan ke Makkah keesokan harinya,” kata Syafi’i, Rabu (18/5).

Ia mengingatkan JCH untuk tidak membawa barang-barang yang dinilai kurang dibutuhkan ketika melaksanakan ibadah haji. Hal ini bisa menjadi temuan saat pemeriksaan, dan ditahan atau tidak diperbolehkan untuk dibawa terbang.

Untuk persiapan penginapan JCH di asrama, sejauh ini sudah baik. Kesiapan kamar, sanitasi, dan lainnya sudah matang. Panitia tinggal menunggu kedatangan JCH.

“Paling kami antar petugas yang meningkatkan koordinasi. Sebab ada lintas instansi yang bertugas. Sehingga perlu sekali komunikasi, agar musim haji tahun ini berjalan maksimal,” jelasnya.

Baca Juga: Kepala Bakamla Batam Dilantik

Sementara calon jamaah haji asal Riau dan Jambi hanya melakukan transit di Bandara Hang Nadim Batam yang kemudian melanjutkan penerbangan ke tanah suci.

Pada musim haji tahun ini ia menyampaikan akan melayani sebanyak 32 kloter jamaah calon haji yang diberangkatkan pada tanggal 24 Mei 2023.

Ia menjelaskan berdasarkan jadwal pemberangkatan dan pemulangan jamaah haji Embarkasi Batam terdapat beberapa kloter gabungan yaitu kloter 24 yang terdiri dari jamaah Kepri sebanyak 43 orang dan jamaah Jambir sebanyak 326.

Kemudian kloter 31 terdiri dari jamaah Kepri 64 orang dan jamaah Kalimantan Barat 305 orang. Serta kloter 32 terdiri dari jamaah Kepri 77 orang dan jamaah Riau 250 orang.

“Harapan kami semua yah berangkat bisa menjalankan ibadah dengan baik, dan kembali ke tanah air dengan selamat,” harapnya. (*)

 

 

Reporter: YULITAVIA

spot_img

Update