Jumat, 18 Oktober 2024

Dilepas Wali Kota, 627 JCH Kota Batam Dapat Uang Saku

Berita Terkait

spot_img
Jemaah Callon Haji 2 F Cecep Mulyana
Ilustrasi: Jemaah Calon Haji Embarkasi Batam. F.Cecep Mulyana

batampos – Sebanyak 627 jamaah calon haji (CJH) asal Batam akan berangkat menunaikan ibadah haji bulan ini. Kloter pertama akan masuk asrama 23 Mei dan berangkat keesokan harinya.

Dua tahun belakangan proses haji tidak berjalan dengan baik. Hal ini disebabkan karena adanya pembatasan, dan pembatalan pelaksanaan ibadah karena pandemi Covid-19.

Wali Kota Batam, Muhammad Rudi mengucapkan selamat menunaikan ibadah haji bagi yang masuk kuota haji tahun ini.

“Saya lepas dengan doa yang baik. Persiapkan diri untuk berangkat, dan menjalankan ibadah di Mekkah,” kata Rudi saat melepas JCH Kota Batam di Swissbell Hotel, Sabtu (20/5).

Baca Juga: Raih Medali Emas Sea Games, Kepulangan Sananta Disambut Meriah di Batam

Dalam acara tersebut, Rudi juga menyampaikan terkait uang saku yang diberikan Pemko Batam kepada JCH Kota Batam. Uang saku senilai Rp1 juta perorang diberikan sebagai bentuk perhatian kepada JCH Kota Batam.

Pemko Batam akan memberikan bantuan bagi JCH. Hanya saja, saat ini belum dapat dicairkan karena ada beberapa JCH yang belum melengkapi dokumen.

“Pencarian bantuan pemerintah, cairnya harus dari rekening. Tadi saya Kabag Kesra ternyata ada yang belum menyerahkan rekening. Karena itu mohon yang belum lengkap segera dilengkapi,” katanya.

Sementara itu, Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Kepulauan Riau memastikan seluruh jamaah calon haji di provinsi ith yang akan berangkat menuju Tanah Suci Mekkah tahun 2023 ini telah menerima vaksinasi meningitis.

Baca Juga: Turis Korea Serbu Batam, Ada yang Lakukan Kegiatan Sosial

Kepala Dinas Kesehatan Kepri Mohammad Bisri mengatakan untuk vaksinasi meningitis diberikan sebelum jamaah calon haji memasuki asrama haji.

“Untuk vaksinasi meningitis sebelum jamaah berangkat ke asrama haji dan dipastikan sudah mendapat vaksinasi di puskesmas sebagai pelaksana,” kata Bisri saat dihubungi di Batam, Kamis.

Ia mengimbau calon jamaah haji lansia untuk menjaga kebugaran tubuh menjelang keberangkatan haji pada 24 Mei 2023.

Dalam pelaksanaan manasik haji yang dilakukan di tingkat kota dan kecamatan telah disampaikan kiat-kiat atau tips menjaga daya tahan tubuh saat menjalan ibadah di Tanah Suci.

“Jamaah harus ikuti instruksi yang telah disampaikan dalam manasik haji. Apa saja yang harus dilakukan dan menjaga kesehatannya. Perlu menjaga kesehatan agar selalu bugar saat pelaksanaan haji,” kata Bisri. (*)

 

 

Reporter: YULITAVIA

spot_img

Update