batampos – Provinsi Kepulauan Riau sebagian besar wilayahnya adalah laut. Provinsi Kepri terdiri dari banyak gugusan pulau.
Kepri memiliki 5 kabupaten dan 2 kota, yang tersebar dari satu pulau ke pulau lainnya. Memiliki geografis yang terbilan menantang, tak membuat SAMSAT putus arang.
Berbagai program dicanangkan, demi memudahkan masyarakat membayar pajak. Dirlantas Polda Kepri, Kombes Tri Yulianto bersama tim pembina SAMSAT, berupaya melahirkan program yang memudahkan masyarakat dalam membayar pajak.
“Ada 7 program yang kami miliki,” kata Dirlantas Polda Kepri, Kombes Tri Yulianto.
Program pertama adalah SAMPUL (SAMSAT Antar Pulau). Tri, mengatakan, layanan Samsat Kepri satu ini, masuk kedalam salah satu top 99 Inovasi Pelayanan Publik 2018.
“Layanan ini memudahkan masyarakat yang tinggal di pulau-pulau. Samsat Antar Pulau melayani pengesahan STNK Tahunan, pajak kendaraan bermotor tahunan dan SWDKLLJ. Selain itu juga disertakan pelayanan cek fisik antar pulau untuk membantu masyarakat yang ingin melakukan perpanjangan STNK 5 tahunan,” ujar Tri.
Program SAMLING (SAMSAT Keliling). SAMLING adalah pelayanan samsat jemput bola. Petugas SAMSAT akan mendatangi pemilik kendaraan yang jauh dari pusat pelayanan pajak. Layanan SAMLING yakni pengesahan stnk, pembayaran pajak KBM dan SWDKLLJ tahunan.
“Layanan ini berguna membantu masyarakat sibuk bekerja dan jadwal yang sangat padat, sehingga tidak memiliki waktu untuk datang ke pusat pelayanan pajak,” ucap Tri.
Program SAMSAT Corner. Layanan SAMSAT hadir di pusar keramaian seperti mall. SAMSAT Corner melayani pengesahan stnk, pembayaran pajak KBM dan SWDKLLJ tahunan. “Kami ada di BCS Mall, SPBU Vitka Tiban dan SP Plaza Batuaji,” ucap Tri.
Kemudian program SAMBER (SAMSAT Bergerak). Pelayanan Samsat jemput bola yaitu dengan mendatangi pemilik kendaraan. Samber beroperasi di Kecamatan Bengkong, Nongsa dan Sei Beduk, dengan layanan pengesahan STNK, pembayaran pajak KBM dan SWDKLLJ tahunan, dan PNBP.
JEMPOL SAPRI (Jemput Bola SAMSAT Kepri). Petugas Samsat JEMPOL SAPRI yang sudah dihubungi, akan mendatangi wajib pajak. Sehingga wajib pajak tidak perlu datang ke kantor Samsat atau Samsat Corner.
“SAMSAT Drive Thru. Pelayanan yang mengadopsi sistem pelayanan drive thru. Bisa melayani pengesahan STNK, pembayaran pajak KBM dan SWDKLLJ tahunan, tanpa harus turun dari kendaraannya,” ucap Tri.
Kantor SAMSAT juga memiliki pojok baca. Sembari menunggu layanan SAMSAT, masyarakat dapat membaca buku yang tersedia.
“Inovasi yang telah dibuat ini diharapkan dapat mempermudah dan membantu masyarakat yang berada di Kepulauan Riau, baik dari segi efektivitas dan efisiensi waktu pelayanan, kemudahan pembayaran, akuntabilitas keuangan, tranparasi biaya dan persyaratan serta jaminan pelayanan,” ucap Tri.
Ia mengatakan, Ditlantas Polda Kepri, Bapenda Provinsi Kepri dan Jasa Raharja Kepri yang tergabung di dalam Tim Pembina Samsat Provinsi Kepri, selalu berupaya untuk memberikan pelayanan secara maksimal dan terbaik.(*)