batampos – Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) sosialisasikan pedoman pelaksanaan pelayanan KB pada perusahaan di Kota Batam.
Direktur Bina Akses Pelayanan KB BKKBN, Zamhir Setiawan mengatakan pada kesempatan itu mendatangi Klinik KB PT Mc Dermott dan Tunas Karya Indoswasta dalam rangka meningkatkan akses dan kualitas pelayanan KB bagi pasangan usia subur (PUS) di seluruh wilayah.
“Maka diperlukan dukungan dan kolaborasi dengan mitra kerja potensial salah satunya perusahaan,” Rabu (8/11).
Zamhir menyebutkan program KB perusahan telah dikembangkan oleh BKKBN sejak 1980, namun belum berjalan secara menyeluruh.
Untuk itu, perlu dilakukan revitalisasi kembali melalui penyusunan pedoman pelaksanaan pelayanan KB di perusahaan yang menjadi acuan bagi pengelola di perusahaan.
“Konsep pedoman telah disusun oleh tim penyusun pedoman di BKKBN Pusat, namun masih membutuhkan masukan untuk penyempurnaan kebijakan tersebut,” ujarnya.
Diharapkan dengan adanya pedoman pelaksanaan itu dapat membantu pelaksana program KB di lapangan dalam penyelenggaraan pelayanan KB bagi pekerja dan masyarakat di sekitar perusahaan.
“Dengan ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas keluarga, meningkatkan produktivitas, menghemat biaya pendidikan, kesehatan dan mengurangi keperluan rumah tangga,” ungkap Zamhir.
Dengan kegiatan itu, Zamhir berharap dapat memperkuat komitmen perusahaan dalam meningkatkan derajat kesehatan pekerja dan masyarakat, meningkatkan jumlah fasilitas pelayanan kesehatan (fasyankes) yang memberikan layanan KB di perusahaan.
“Sekaligus meningkatkan cakupan pelayanan KB dan menjaga keberlangsungan penggunaan KB bagi pekerja dan masyarakat di sekitar perusahaan,” harapnya. (*)
Reporter : Peri Irawan