Jumat, 18 Oktober 2024

Drainase Ditutup, Warga Sei Nayon Tutup Akses Jalan

Berita Terkait

spot_img
Seinayon Warga Protes Draianse Banjir Dalil Harahap 4 scaled e1701440103909
Warga saat protes karena draianse induk mau ditutup pengembang yang bisa mengakibatkan banjir pemukiman warga Seinayon, Bengkong, Jumat (1/12). F Dalil Harahap/Batam Pos

batampos– Ratusan warga Sei Nayon, Bengkong menggelar protes dengan memblokade jalan, Jumat (1/12) pagi. Aksi ini dilakukan warga karena terjadi banjir beberapa hari belakangan, khususnya saat hujan lebat.

Warga menilai banjir tersebut disebabkan penutupan drainase oleh pihak pengembang yang sedang mengerjakan proyek. Sebelum ditutup, drainase tersebut selebar 3 meter dan kini menjadi semeter.

Ketua RW 12 Sei Nayon, Anwar mengatakan aksi ini sebagai bentuk kekesalan warga. Setelah penutupan dilakukan pengembang, warga meminta solusi untuk memindahkan drainase tersebut.

“Setiap hujan lebat, rumah warga terendam banjir. Sudah 5 bulan kami minta aliran drainase ini dipindahkan,” ujarnya di lokasi.

Ia mengatakan akibay penutupan drainase tersebut berdampak ke ribuan Kepala Keluarga (KK). Dampaknya kini banjir mencapai selutut orang dewasa.

“Kami minta drainase ini digali. Kalau tidak kami bertahan disini,” katanya.

BACA JUGA: Air Drainase Meluap saat Hujan, Tiban Kebanjiran

Hal senada disampaikan Boy, warga RT 5. Ia menilai banjir tersebut terjadi karena adanya proyek penimbunan pihak pengembang. Sehingga, draines yang sudah sempit tertutup tanah.

“Dulu mau selama apapun hujan tidak banjir. Ini hujan sebentar sudah banjir,” keluhnya.

Sementara itu, Kapolsek Bengkong, Iptu Doddy Basyir yang turun ke lokasi mengatakan pihaknya langsung mencari solusi dengan pendekatan kepada warga.

“Kami melakukan pendekatan dan musyawarah, dan didapat keputusan bahwa Pemko Batam menurunkan alat berat untuk mengalihkan aliran drainase,” katanya.

Dalam aksi ini, warga membubarkan diri dan membuka blokade jalan setelah dilakukan penggalian drainase menggunakan alar berat. (*)

reporter: yopi

spot_img

Update