Jumat, 18 Oktober 2024

Autogate Pelabuhan Batamcenter Masih Bermasalah, Tapi Arus Penumpang Sudah Normal

Berita Terkait

spot_img
pelabuhan batam center
Calon penumpang antre dari depan pintu keberangkatan di lantai dua hingga ke lobi bawah di Pelabuhan Internasional Batam Center, Senin (12/2). (F. Cecep Mulyana/Batam Pos)

batampos– Auto Gate atau pintu otomatis scan Paspor di Pelabuhan Feri Internasional Batamcenter ternyata masih bermasalah hingga Selasa (13/2). Alhasil, 6 unit autogate yang terletak di keberangkatan tersebut tak bisa digunakan.

Begitu juga dengan antrean penumpang yang sempat mengular menumpuk karena masalah di bagian Imigrasi sudah tak terlihat lagi. Arus penumpang
sudah mulai normal.

General Manager Operasional Pelabuhan Feri Internasional Batamcenter, Nika Astaga sudah memprediksi terjadi lonjakan penumpang. Karena itu, pihaknya pun sudah rapat bersama CIQP dan Agen sebagai persiapan antisipasi lonjakan penumpang.

“Kami sudah rapat persiapan, karena sudah yakin akan ada lonjakan penumpang usai libur isra Miraj dan Imlek. Dan ternyata kejadian yang kami khawatirkan,” ujar Nika.

Menurut Nika, semua pihak sudah sepakat untuk memberi pelayanan terbaik pada saat terjadi lonjakan penumpang. Namun ternyata masalah terdapat pada konter imigrasi yang sempat tak maksimal pada saat kedatangan dan autogate pada saat keberangkatan.

BACA JUGA: Autogate Rusak, Antrean Penumpang Keberangkatan di Pelabuhan Internasional ‘Mengular’

“Kalau untuk yang keberangkatan kemarin, sistem auto gatenya eror, jadi penumpang tak bisa melakukan scan Paspor. Jadi cap paspor di lakukan manual saat itu dengan petugas yang juga sempat terbatas,” sebut Nika.

Disinggung apakah benar autogate khusus untuk keberangkatan ke Singapura. Nika membenarkan, meski begitu tetap auto gate tak bisa berfungsi dengan baik saat terjadi lonjakan penumpang.

“Informasinya memang tak berlaku untuk ke Malaysia, saya tak tahu kenapa. Namun untuk ke Singapura juga susah, makanya antrean semalam menumpuk,” sebut Nika

Untuk jumlah penumpang yang berangkat pada Senin (12/2) tercatat hampir 12 ribu orang. Dengan penambahan extra trip kapal 17 trip. Yang artinya total trip kapal menjadi 83 trip, dimana reguler ada 66 trip.

“Dari trip saja bisa dilihat seperti apa lonjakan penumpang. Antrean penumpang semalam itu dapat terurai sekitar jam 9 lewat,” ungkap Nika. (*)

Reporter: Yasinta

spot_img

Update