Kamis, 24 Oktober 2024

Rata-Rata 2 Ribu Bayi Lahir di Batam Tiap Bulan

Berita Terkait

spot_img
Bayi Lahir Tahun Baru Atik Untuk Batam Pos121212 1
Ilustrasi: Nike Ardila mencium bayinya saat lahir di tahun baru di RSUD Embung Fatimah, Batuaji, Sabtu (1/1). F Atik untuk Batam Pos

batampos – Pertumbuhan penduduk di Kota Batam terbilang cukup pesat. Selain karena adanya pendatang dari daerah lain, penduduk baru tersebut berasal dari pertambahan akibat kelahiran baru.

Berdasarkan data Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Batam mencatat, sepanjang tahun 2024 ini ada sebanyak 12.326 bayi yang lahir. Bila dirata-ratakan setiap bulannya ada sekitar 2 ribu bayi lahir Batam.

“Ya, dalam sebulan rata-rata ada 2 ribu anak yang lahir. Ini data sepanjang tahun 2024 ya, dari Januari hingga Juni,” ujar Kepala Dinkes Batam Didi Kusmarjadi, Rabu (17/7).

Angka kelahiran tertinggi di sepanjang tahun ini terjadi di bulan Januari yakni 2.769 bayi dan terendah di Maret yaitu sebanyak 1.734 bayi. Sementara itu pada Februari 2024 ada 1.827 bayi yang lahir dan April ada sebanyak 1.819 bayi lahir. Mei 1.940 bayi lahir serta pada Juni ada sebanyak 2.138 bayi yang lahir.

Baca Juga: Demo Buruh Batam Protes Kenaikan Harga Kebutuhan Pokok dan Rencana Kenaikan BBM

“Tingkat keselamatan kelahiran kita juga tinggi dan masih di bawah angka nasional,” tambahnya.

Bila melihat data per wilayah, angka kelahiran bayi ini paling banyak berada di wilayah Puskesmas yakni 1.190 bayi. Disusul Puskesmas Baloi Permai 1.092 bayi dan Puskesmas Sungai Pancur 1.020 serta Puskesmas Batuaji sebanyak 916 bayi.

“Terendah Puskesmas Rempang Cate yakni 61 bayi, ” ujarnya.

Sementara itu berdasarkan data Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Batam sebanyak 26.394 anak usia 0 sampai satu tahun di Batam telah memiliki akte lahir. Rinciannya 10.642 laki-laki dan sebanyak 15.752 perempuan.

“99,95 persen anak usia di bawah 1 tahun sudah memiliki akte lahir, ” ujar Kepala Disdukcapil Kota Batam Heryanto.

Menurutnya, hanya 48 anak usia tersebut atau 0,05 persen yang belum memiliki akte lahir.

Baca Juga: Ombudsman Kepri Nilai Penanganan Sampah di Batam Lamban

Selain sebagai identitas anak, akta kelahiran punya banyak manfaat lainnya seperti, syarat pengurusan administrasi kependudukan, syarat pendaftaran masuk sekolah, mendapat tunjangan sosial, bahkan untuk pendaftaran pernikahan dan juga pengurusan hak ahli waris juga memerlukan akte lahir ini.

Dengan begitu secara tidak langsung, Akta kelahiran akan sangat berguna mulai dari usia anak-anak hingga dewasa.

Dikatakan Heryanto, untuk mendorong peningkatan jumlah kepemilikan akte kelahiran ini, pihaknya memberikan edukasi pada masyarakat tentang pentingnya memiliki akte kelahiran.

“Karena tidak semua anak yang baru lahir mengurus akta lahir ini. Ada juga yang sudah berusia 3 tahun baru urus. Bahkan ada juga mengurus pada saat akan masuk sekolah, ” tuturnya.

Baca Juga: Sepanjang 2024 Ada 232 Kasus DBD di Batam

Selain itu, Dukcapil juga sudah memberikan pelayanan terintegrasi, jadi pemohon yang meminta satu dokumen bisa dapat tiga dokumen sekaligus. Untuk pemohon akta lahir, selain mendapat akta kelahiran anak, sekaligus diberikan KK dan Kartu Identitas Anak (KIA). Program tersebut dilakukan sebagai komitmen agar setiap anak bisa mendapatkan hak kependudukan sebagai warga negara Indonesia sepenuhnya. (*)

 

Reporter: Rengga Yuliandra

 

spot_img

Update