Kamis, 24 Oktober 2024

DPRD Soroti Layanan Bus Trans Batam Belum Efektif Menjangkau Warga Secara Optimal

Berita Terkait

spot_img
Bus Trans Batam 2 F Cecep Mulyana scaled e1703942906779
Dua puluh unit bus Trans Batam pada peluncuran operasionalnya oleh Walikota Batam di Jalan Engku Putri Batamcennter, Jumat (29/12). F Cecep Mulyana/Batam Pos

batampos – Anggota DPRD Batam dari fraksi Hanura, Tumbur Hutasoit, mengkritik kinerja Dinas Perhubungan (Dishub) Batam terkait layanan bus Trans Batam yang dinilainya belum efektif menjangkau seluruh lapisan masyarakat.

Dalam pernyataannya, Tumbur menyampaikan bahwa meskipun terdapat upaya peningkatan dengan menambah armada dan koridor baru, masih banyak titik di Batam yang minim akses layanan bus tersebut.

Menurut Tumbur, survei masyarakat perlu dilakukan untuk mengetahui seberapa puas mereka dengan layanan bus ini.

“Masih banyak warga yang tidak puas dan merasa layanan ini kurang efektif, terutama di daerah-daerah seperti Batuaji, Nongsa, Sagulung, dan Barelang,” ujarnya, Kamis (18/7).

Baca Juga: Ratusan Jukir di Batam Terjaring Razia, Ada yang Resmi

Meskipun demikian, tantangan yang dihadapi Dishub Batam tidak hanya terletak pada penambahan armada dan koridor, tetapi juga dalam membangun kembali sarana halte yang optimal pasca proyek pelebaran jalan.

“Hal ini menjadi kajian penting yang harus segera diatasi untuk memenuhi kebutuhan transportasi umum di Batam secara menyeluruh,” katadia.

Salah satu sorotan utama yang disampaikan Tumbur adalah kurangnya minat masyarakat untuk menggunakan bus Trans Batam akibat meningkatnya jumlah kendaraan pribadi.

“Hal ini, mengakibatkan tidak semua bus beroperasi dengan kapasitas penuh,” jelasnya.

Kepala Dishub Kota Batam, Salim, dalam tanggapannya pada Rabu kemarin, mengakui bahwa baru ada 9 dari 11 koridor yang telah aktif.

Baca Juga: DPRD Kota Batam Setujui Ranperda Perubahan APBD 2024 dengan Catatan Penting

“Kami terus berupaya untuk mengaktifkan dua koridor tambahan, termasuk koridor Tembesi-Barelang yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat di wilayah tersebut,” kata Salim.

Salim juga menegaskan komitmennya untuk meningkatkan fasilitas dan kualitas layanan bus Trans Batam dengan menambah armada baru.

“Saat ini, terdapat sekitar 20 armada bus yang beroperasi setiap hari, dan kami terus berusaha memberikan pelayanan terbaik kepada pengguna bus Trans Batam,” tutupnya. (*)

 

Reporter: Azis Maulana

spot_img

Update