Rabu, 15 Januari 2025

Dorong OPD Batam Berinovasi, Sekda Jefridin Contohkan Kemajuan Singapura

Berita Terkait

spot_img
Sekda Kota Batam Jefridin Hamid menyerahkan penghargaan kepada OPD yang inovatif pada acara Batam Innovation Award yang digelar Bapelitbang Kota Batam di Hotel Planet Holiday, Kamis (8/8). F Cecep Mulyana/Batam Pos

batampos – Organisasi perangkat daerah (OPD) di bawah Pemerintah Kota (Pemko) Batam, diminta untuk berinovasi. Pembaruan dilakukan guna mendukung dan mempercepat pelayanan publik.

Inovasi-inovasi digesa agar dinas yang mencakup pelayanan masyarakat dapat memberikan servis terbaik buat masyarakat Batam. Demikian disampaikan oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Batam, Jefridin Hamid, Kamis (8/8).


Berdasarkan Peraturan Wali Kota (Perwako) Batam Nomor 176 Tahun 2022 tentang Makmal Inovasi Daerah, di Pasal 20 ayat (1) menerangkan bahwa wali kota dapat memberikan penghargaan dan dukungan kepada perangkat daerah, kecamatan/kelurahan, UPT dan ASN yang berhasil menciptakan inovasi daerah yang inovatif.

Baca Juga: Sudah 3 Partai Rekomendasikan Ansar-Nyanyang di Pilgub Kepri, Terbaru dari Golkar

Dengan begitu, Pemko Batam melalui Badan Perencanaan dan Penelitian Pengembangan Pembangunan Daerah (Bapelitbangda) pun amenggelar Batam Innovation Award (BIA) Tahun 2024 untuk mendorong OPD di lingkup daerah setempat membuat minimal satu inovasi.

Dalam penganugerahan BIA 2024, ada kategori inovasi digital terbaik, di antaranya Fuel Card di Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag); Sistem Informasi Manajemen Reklame (SIMREK) tajaan Badan Pendapatan Daerah (Bapenda); Pelaporan Semester Persetujuan Lingkungan (Perseling 2.0) oleh Dinas Lingkungan Hidup (DLH); Sistem Whatsapp Peduli Pasien Hipertensi (Si Wali Paten) oleh UPT Puskesmas Baloi Permai.

Kemudian, Pembinaan Digital E-Karakter Siswa (Pendekar) SMPN 29 Batam; Ujian Umum Digital Moodle Mikrotik (UUD 2M) SMPN 3 Batam; Kampanye Edukasi Kebaikan (Kamubaik) SMPN 12 Batam; serta Absen Digital Barcode (Adiba) SDN 004 Batam.

Untuk kategori inovasi nondigital terbaik, di antaranya inovasi Kontrasepsi Terintegrasi Pemeriksaan Sadanis dan IVA (Konser Diva) oleh UPT Puskesmas Tiban Baru; Pelayanan Asuhan Terpadu Remaja Sehat dan Ceria (Pantura Sehari) di UPT Puskesmas Sei Lekop; Setiap Sabtu Cari Jentik (Sabtu Cantik) di UPT Puskesmas Sei Lekop; Roadshow PBB-P2 Jemput Bola Layanan Pembayaran Pajak, Berhadiah Doorprize tajaan Bapenda Batam.

Baca Juga: Sagulung Tambah 4 Unit Armada, Camat Pastikan Sampah dari Pemukiman Rutin Diangkut

Lalu, ada Sistem Tata Cara Pemberian Penghargaan Aparatur Sipil Negara (Sitampan) dari Badan Kepegawaian dan Pengembangan SDM Pemkot Batam; Bidik Siswa Kompetensi dan Talenta (Bis Kota) SMPN 6 Batam; Layanan Keliling Sarana Informasi Bus Interaksi Pajak (Si Bijak) dari Bapenda Batam; Komunitas Pelajar Asyik dan Cerdas (Kompas) SMPN 20 Batam; Cek Literasi (Ceklis) SMPN 12 Batam; Pojok Aparatur Berdiskusi (Pojok Audisi 2.0) oleh Bapelitbangda Kota Batam.

Jefridin mengatakan, untuk menjadi negara maju dimasa mendatang, diperlukan meningkatkan pelayanan publik yang baik dan maksimal. Ia mencontohkan kemajuan negara Singapura.

“Kita bisa melihat dan belajar seperti apa Singapura, karena kita ingin maju. Tahun 2045 nanti kita sudah 100 tahun, maka kita berupaya keluar dari negara berkembang, menjadi negara maju,” kata Jefridin.

Dengan begitu, dia mengimbau kepada seluruh OPD Pemko Batam untuk menghadirkan inovasi terbaru dalam mendukung dan mempercepat dalam pelayanan publik buat masyarakat. (*)

 

Reporter: Arjuna

spot_img

Update