Selasa, 15 Oktober 2024

Krisis Armada Sampah di Batam, Pjs Wali Kota Batam Janjikan Solusi Lewat APBD 2025

Berita Terkait

spot_img
truk sampah terguling
Truk sampah terguling saat melintas di Laluan Madani atau Simpang Jam Batam beberapa waktu lalu. Foto: Cecep Mulyana/ Batam Pos

batampos – Kondisi armada sampah di Batam yang semakin buruk mendesak pemerintah untuk segera melakukan peremajaan. Pengadaan armada baru dicanangkan bakal dimasukkan dalam APBD 2025 untuk mengatasi persoalan ini.

Penjabat sementara (Pjs) Wali Kota Batam, Andi Agung menegaskan komitmennya untuk mengawal langsung pengadaan armada sampah baru di APBD 2025 mendatang. Hal ini disampaikannya mengingat banyaknya keluhan masyarakat terkait kondisi armada sampah yang saat ini dinilai tidak layak.

“Kondisi armada sampah yang beroperasi maupun yang parkir atau tidak beroperasi membutuhkan peremajaan dengan pembelian armada baru,” ujar Andi, Selasa (15/10).

Baca Juga: Penumpukan Sampah di TPS Liar Banyak Terjadi di Sagulung dan Batuaji 

Dia menyoroti kritik yang kerap muncul di media sosial terkait buruknya kondisi armada. Tak sedikit aduan dari masyarakat yang mengeluh mengenai pengangkutan sampah.

“Pengaduan masyarakat soal kelayakan armada perlu menjadi atensi pemerintah. Jangan biarkan masyarakat kecewa dengan kondisi armada yang sudah jauh dari kata layak,” katanya.

Ia mengungkapkan, pembahasan terkait pengadaan armada baru sudah masuk dalam rencana APBD 2025. Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Batam sudah mengusulkan anggaran sekitar Rp16 miliar untuk pembelian armada baru.

Andi memastikan akan mengawal anggaran tersebut hingga penandatanganan APBD pada 21 November mendatang. Sehingga pada 2025, Batam dapat memiliki armada baru untuk menggantikan armada yang ada sekarang.

Ia juga menekankan pentingnya armada baru untuk mengoptimalkan kinerja Satgas sampah dan meningkatkan kepuasan masyarakat. Meski begitu, Andi menyadari tantangan yang ada dan berharap solusi dapat ditemukan secara bertahap.

“Karena ini sudah akhir tahun, jadi kalau tidak terkejar tahun ini, kita upayakan tahun depan. Kebutuhan armada baru memang urgent agar pelayanan publik bisa ditingkatkan,” ujar dia. (*)

Reporter: Arjuna

spot_img

Update