Selasa, 15 Oktober 2024

KPU Batam Mulai Cetak Surat Suara Pilkada 2024, Distribusi Akhir Oktober

Berita Terkait

spot_img
IMG 20241015 WA0040
Ketua KPU Batam, Mawardi, Komisioner KPU Batam, Bosar Hasibuan, Kabag Ops Polresta Barelang Kompol Zainal Abidin Christopher Tamba, Kasi Intelijen Kejaksaan Negeri Batam, Riki Saputra, serta perwakilan dari Bawaslu Kota Batam saat menghadiri monitoring produksi logistik surat suara untuk Pilkada Wali Kota Batam dan Wakil Wali Kota Batam di Cikarang, Senin (14/10). Foto: KPU Batam untuk Batam Pos

batampos – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Batam memulai pencetakan surat suara untuk Pilkada 2024 pada Senin (14/10). Pencetakan dilakukan di PT Gramedia Printing Group, Cikarang, Jawa Barat dengan pengawasan ketat dari berbagai pihak terkait.

Komisioner KPU Batam, Bosar Hasibuan menjelaskan bahwa pencetakan surat suara ini dihadiri oleh Ketua dan anggota KPU Batam, Kabag Ops Polresta Barelang, Kasi Intel Kejari Batam, serta perwakilan Bawaslu Kota Batam.

“Kami sudah menghadiri undangan resmi dan melakukan monitoring terhadap proses pencetakan. Diperkirakan pencetakan surat suara selesai pada 15 Oktober, dilanjutkan dengan proses cutting dan pengemasan,” ujar Bosar, Selasa (15/10).

Baca Juga: Logistik Pilkada di Batam Hampir Lengkap, Surat Suara Dijadwalkan Tiba Akhir Oktober

Setelah proses tersebut selesai, pengiriman surat suara ke wilayah Kepulauan Riau, termasuk Kota Batam, diperkirakan dimulai pada 26 Oktober 2024.

Dalam surat suara Pilkada Kota Batam, paslon nomor urut 1, Nuryanto-Hardi, dan paslon nomor urut 2, Amsakar-Li Claudia Candra akan tampil dengan desain vertikal menyesuaikan jumlah paslon yang hanya dua. Desain ini telah dikonfirmasi oleh liaison officer (LO) masing-masing paslon.

“Pencetakan dilakukan sesuai DPT yang telah ditetapkan, ditambah 2,5 persen untuk mengantisipasi pemilih cadangan,” jelas Bosar.

DPT Pilkada Kota Batam sendiri tercatat sebanyak 899.666 pemilih, yang terdiri dari 448.965 laki-laki dan 450.701 perempuan, tersebar di 1.821 Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Selain surat suara, logistik lainnya seperti 3.666 kotak suara dan 7.284 bilik suara juga telah diterima KPU Batam sejak akhir September. Logistik tambahan berupa tinta, segel, dan kabel ties juga siap didistribusikan ke TPS-TPS.

Ketua KPU Batam, Mawardi menambahkan bahwa seluruh persiapan dilakukan untuk memastikan Pilkada berjalan dengan lancar dan transparan. “Kami berkomitmen memastikan semua elemen logistik dan teknis siap tepat waktu, sehingga proses pemungutan suara dapat berjalan tanpa hambatan,” kata Mawardi.

Dengan semua persiapan ini, KPU Batam optimistis pelaksanaan Pilkada 2024 di Kota Batam akan berjalan sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan. (*)

Reporter: Rengga Yuliandra

spot_img

Update