Kamis, 17 Oktober 2024

Pura-Pura Sebagai Pembeli, Pria di Sagulung Bawa Kabur Sepeda Motor Warga

Berita Terkait

spot_img
Borgol hukum
Ilustrasi. Foto: Dalil Harahap/batampos.co.id

batampos – Polsek Sagulung mengamankan seorang pria, Selasa (15/10). Pemuda yang belakangan diketahui berinisial Jm ini adalah pelaku penggelapan sepeda motor. Saat diamankan, kakinya penuh dengan luka karena terjatuh saat hendak membawa kabur sepeda motor warga.

Kanit Reskrim Polsek Sagulung Ipda Husnul menjelaskan, Sj ternyata spesialis penggelapan sepeda motor. Modusnya, ia berpura-pura menjadi pembeli sepeda motor yang akan dijual oleh orang lain di media sosial. Dia membuat skenario untuk menjumpai si penjual.

Dengn dalil pembelian sistem CoD, dia kemudian mengelabui calon penjual untuk mencoba terlebih dahulu sepeda motor yang akan dibelinya.

Baca Juga: Modus Pacari Korban, Guru SD di Batam Cabuli Muridnya

“Saat itulah dia bawa kabur. Dia ini sudah sering dan ada beberapa laporan masuk ke kami. Ini kebetulan tadi pagi ada calon korban yang sadar kalau sepeda motornya mau dibawa kabur sehingga pelaku ini dikejar dan dia terjatuh dari sepeda motor itu,” ujar Husnul, Selasa (15/10).

Pelaku dibekuk warga saat mencoba kabur ke arah perumahan Genta I, Kelurahan Buliang, Kecamatan Batuaji. Dari tangan pelaku polisi mengamankan satu unit sepeda motor Yahama Vixion yang akan dibawa kabur.

“Pelaku sudah kami amankan dan lagi kami kembangkan terus sepak terjangnya. Beberapa laporan sebelumnya kita cek memang cocok dengan modus yang dia lakukan ini,” ujar Husnul.

Atas kejadian ini Kapolsek Sagulung Iptu Rohandi Tambunan kembali mengingatkan masyarakat untuk lebih waspada lagi. Transaksi jual beli barang berharga hendaknya dilakukan dengan teliti dan cermat sehingga tidak menjadi korban penipuan ataupun penggelapan.

Baca Juga: Salurkan PMI Ilegal ke Singapura, Warga Batam Dituntut 3 Tahun Penjara

“Usahakan selalu teliti dan cermat. Kalau dianggap berisiko sebaiknya jangan tergiur atau terpengaruh. Apapun itu, harus dengan pikiran jernih dan cermat,” imbau Rohandi.

Khusus untuk kendaraan bermotor, saat parkir atau meninggalkan di rumah atau tempat keramaian lainnya harus benar-benar pastikan aman. Kunci ganda kendaraan bermotor sangat membantu untuk mengurungkan niat pelaku.

“Mari terus waspada dimanapun kita berada,” ujar Rohandi. (*)

 

Reporter: Eusebius Sara

spot_img

Update