Rabu, 16 Oktober 2024

Pencapaian Pajak Kendaraan Bermotor UPT Samsat Batuaji Mendekati Angka 90 Persen

Berita Terkait

spot_img
Pajak Kenderaan Bermotor f Iman Wachyudi scaled
Pengendara kenderaan bermotor roda dua dan empat saat melintas di Simpang Kara Batamcentre. UPT) Samsat Batuaji optimistis penarikan pajak kendaraan bermotor tahun ini mencapai target. Penarikan pajak yang telah tercapai mendekati angka 90 persen dipertengahan Oktober ini. Foto: Iman Wachyudi/ Batam Pos

batampos – Unit Pelaksana Teknis (UPT) Samsat Batuaji optimistis penarikan pajak kendaraan bermotor tahun ini mencapai target. Penarikan pajak yang telah tercapai mendekati angka 90 persen dipertengahan Oktober ini.

Kepala UPT Samsat Batuaji Patrick Nababan menuturkan, target penarikan pajak kendaraan tahun ini diangka Rp48 miliar. Target ini optimis tercapai karena masih ada dua bulan tersisa untuk mengejarnya lagi.

“Target murni kita Rp42 miliar, target perubahan diangka Rp48 miliar. Saat ini pencapaian sudah diangka 86 persen, ” ujar Patrick.

Baca Juga: Samsat Batuaji Catat Lonjakan Pembayaran Pajak Kendaraan Selama Program Pemutihan

Dibandingkan tahun sebelumnya, baik itu target ataupun angka pencapaian diakui Patrick meningkat tahun ini. Itu karena ada berbagai kebijakan yang mengharuskan pemilik kendaraan taat membayar pajak.

“Seperti rencana pembelian BBM dengan Fuel Card, itu cukup membantu dengan proses pencapaian penarikan pajak kendaraan di tempat kami ini. Belum lagi dengan kebijakan pemutihan yang sedang berjalan ini pasti akan ramai lagi, ” ujar Patrick.

Untuk diketahui saat ini Badan Pendapatan Daerah Provinsi Kepri tengah menjalankan program pemutihan pajak kendaraan bermotor. Program ini sudah dimulai tanggal 5 Agustus sampai 16 November 2024.

Program pemutihan disambut antusiasme masyarakat di sana. Patrick berharap agar masyarakat yang belum melaksanakan wajib pajak kendaraan ataupun yang menunggak segara memanfaatkan program ini.

“Antusias masyarakat cukup tinggi. Karena diskon yang kita berikan juga lumayan besar. Mari segera bayar pajak kendaraan masing-masing, ” imbau Patrick.

Wahyu salah satu warga Batuaji mengaku sangat terbantu sekali dengan program pemutihan pajak kendaraan bermotor ini. Menurutnya, masih banyaknya masyarakat yang terbebani denda pajak ketika pajak kendaraannya menunggak atau beban biaya balik nama kendaraan yang dinilai cukup besar.

“Dengan adanya pemutihan ini beban masyarakat atas denda pajak tentu menjadi lebih ringan, ” ujarnya.

Hal senada dikatakan Asmadi warga Sagulung. Menurutnya, program pemutihan ini sangat membantu masyarakat di dalam meringankan pembayaran pajak kendaraan. Ia berharap program seperti ini berlangsung hingga akhir tahun karena sangat dirasakan sekali manfaatnya bagi masyarakat Batam.

“Kalau bisa tiap tahun ada program seperti ini. Sehingga sangat membantu masyarakat, ” kata Wahyudi. (*)

Reporter: Eusebius Sara

spot_img

Update