Kamis, 17 Oktober 2024

Pjs Wali Kota Batam: Armada Truk Sampah Baru Segera Tuntas di APBD 2025

Berita Terkait

spot_img
truk sampah
Sebuah truk pengangkut sampah melintas di jalan Sudirman, Senin (11/3). Kondis truk sampah ada beberapa yang rusak. F. Cecep Mulyana/Batam Pos

 

batampos – Permasalahan kebersihan di Kota Batam menjadi perhatian serius pemerintah daerah. Pejabat Sementara (Pjs) Wali Kota Batam, Andi Agung, menyatakan bahwa pengadaan armada truk sampah tengah dibahas dan diharapkan dapat segera tuntas melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2025 mendatang, dengan alokasi anggaran sebesar Rp 16 miliar.

“Masih dalam pembahasan, insya Allah segera tuntas, doakan saja. Usulan anggaran lebih kurang Rp 16 miliar,” kata Andi Agung, Kamis (17/10).

Namun, angka tersebut masih dalam tahap usulan dan belum final. “Ini belum disahkan, baru tahap pembahasan. Masih ada waktu hingga 2025,” tambahnya.

Ketika ditanya mengenai jadwal pengesahan, ia menjelaskan bahwa pengesahan APBD dipastikan akan dilakukan pada 20 November 2024.

“Masih berjalan dan kami tentu mempertimbangkan skala prioritas. Apa yang bisa dilakukan segera, akan kami lakukan, dan yang bisa ditunda akan kami geser,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua DPRD Batam, Muhammad Kamaluddin turut menyoroti persoalan sampah yang menjadi keluhan warga. Ia menyampaikan bahwa DPRD telah membawa masalah ini kepada Pjs Wali Kota agar mendapat perhatian serius dari pemerintah.

“Saya sudah menyampaikan kepada Pjs Wali Kota Batam mengenai penanganan sampah dan kebersihan agar menjadi perhatian bersama untuk segera dibenahi,” ujar Kamaluddin.

Kamaluddin juga menegaskan bahwa armada truk sampah di Batam saat ini mayoritas sudah tidak layak beroperasi. Oleh karena itu, pihaknya berkomitmen untuk menganggarkan pembelian truk sampah baru yang lebih memadai pada APBD 2025.

“Memang armada truk sampah yang ada sekarang sudah tua dan tidak layak beroperasi. Kami perlu menambah jumlah armada agar pelayanan kebersihan di Kota Batam semakin optimal,” ujarnya.

Pembahasan mengenai anggaran ini akan dibahas lebih lanjut oleh Badan Anggaran (Banggar) DPRD Batam pada pertengahan bulan ini, dengan harapan penanganan sampah dan kebersihan kota dapat menjadi prioritas utama.

“Kami berharap penganggaran ini bisa disepakati pada pertengahan bulan ini dan menjadikan penanganan sampah sebagai prioritas untuk kebersihan kota Batam di APBD 2025,” pungkasnya (*)

 

Reporter: Azis Maulana

spot_img

Update