Kamis, 17 Oktober 2024

Dukung Tenaga Kerja Terlatih, IDSURVEY Gelar Program Kolaborasi TJSL Sertifikasi Juru Las di Batam

Berita Terkait

spot_img
WhatsApp Image 2024 10 17 at 13.56.27
Para peserta saat mengikuti sertifikasi juru las yamg diadakan IDSurvey di PT Bahtera Bahari Shipyard Batam. Foto: Eusebius Sara/ Batam Pos

batampos – Guna mendukung tenaga kerja terlatih, IDSurvey gelar sertifikasi kepada Juru las yang ada di kota Batam. Sertifikasi ini dilaksanakan di PT Bahtera Bahari Shipyard Batam selama tiga hari dimulai Selasa (15/10).

Pembukaan kegiatan ini dihadiri oleh perwakilan Ikatan Perusahaan Kapal & Sarana Lepas Pantai Indonesia (IPERINDO), Batam Shipyard & Offshore Association (BSOA), SUCOFINDO, Surveyor Indonesia dan diresmikan secara langsung oleh Direktur Hubungan Kelembagaan PT BKI (Persero) Andry Tanudjaja.

Program sertifikasi juru las ini merupakan dukungan dari Program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan dari BKI untuk tenaga kerja terlatih (juru las) yang berada di Batam. Sebanyak 90 orang tenaga kerja dari berbagai perusahaan akan mengikuti kegiatan sertifikasi.

Dalam sambutannya, Direktur Hubungan Kelembagaan BKI Andry Tanudjaja menekankan pentingnya sertifikasi bagi tenaga kerja terlatih khususnya juru las agar kompetensinya dapat diakui secara nasional serta dapat meningkatkan kualitas tenaga kerja di Indonesia.

“Sertifikasi ini dilaksanakan selama tig hari sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan.
Adapun tahapan dalam proses sertifikasi ini dimulai dari proses seleksi peserta yang dipilih berdasarkan kompetensi yang dimiliki, lalu dilanjutkan uji kompetensi sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan sebelumnya dan didampingi secara langsung oleh surveyor, ” tutur Andry.

Setelah itu, hasil test piece akan diuji lab untuk menentukan hasil uji kompetensi sesuai dengan standar yang telah ditentukan. Program ini sebelumnya juga telah dilaksanakan di Belawan dan selanjutnya akan diselenggarakan pula di Palembang dan Banjarmasin.

Melalui kegiatan ini, TJSL IDSurvey berharap tenaga kerja terlatih yang telah tersertifikasi
dapat meningkatkan kapasitas dan kemampuannya untuk dapat menjadi welder kompeten dan profesional. Selain itu, program ini juga turut berkontribusi pada peningkatan kualitas produksi galangan kapal, yang merupakan salah satu faktor penting dalam pembangunan industri maritim.

“Sertifikasi juru las ini diharapkan dapat mendorong terciptanya tenaga ahli yang berkualitas di sektor maritim, sekaligus meningkatkan standar kualitas dalam industri perkapalan nasional,” harapan Andry. (*)

Reporter: Eusebius Sara

spot_img

Update