Kamis, 17 Oktober 2024

Traffic Light Tanjunguncang Rusak, Dinas Bina Marga dan Dishub Segera Lakukan Perbaikan

Berita Terkait

spot_img
IMG 20241017 131020
Lampu penerangan di Simpang Empat Tanjunguncang yang tumbang serta menimpa lampu pengatur arus (traffic light) dari arah Tunas Regency menuju Tanjunguncang, Batuaji. F Eusebius Sara

batampos – Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air (DBMSDA) Kota Batam bergerak cepat melakukan perbaikan lampu penerangan di Simpang Empat Tanjunguncang yang tumbang serta menimpa lampu pengatur arus (traffic light) dari arah Tunas Regency menuju Tanjunguncang, Batuaji.

“Iya, sudah langsung diperbaiki,” ujar Kabid PJU DBMSDA Kota Batam, Kukuk, Kamis (17/10).

Kukuk menjelaskan bahwa tiang lampu penerangan jalan roboh akibat dihantam angin kencang pada Kamis dini hari dan menimpa tiang lampu pengatur lalu lintas.

“Tidak ada tanda-tanda ditabrak kendaraan. Tiang tersebut tumbang karena angin kencang dan menimpa traffic light. Pagi tadi tim sudah turun dan membereskan,” tambahnya.

Kerusakan pada traffic light sempat menyebabkan kemacetan di Simpang Empat Tanjunguncang sepanjang Kamis pagi. Petugas Polsek Batuaji bahkan harus menutup jalur menuju arah Polsek yang terhalang oleh tiang lampu yang tumbang. Setelah proses evakuasi selesai, arus lalu lintas mulai kembali normal.

“Kami memperbaiki tiang lampu penerangan jalan. Sedangkan traffic light itu kewenangan dari Dishub,” jelas Kukuk.

Ilham, seorang warga yang berada di lokasi, menyampaikan bahwa banyak pengendara yang menerobos lampu merah karena lampu pengatur dari arah Tunas Regency tidak berfungsi, sementara lampu dari tiga arah lainnya masih bekerja normal.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Batam, Salim, mengonfirmasi bahwa pihaknya juga telah menurunkan tim untuk memperbaiki traffic light tersebut. Saat ini, keempat sisi lampu lalu lintas di persimpangan tersebut sudah berfungsi. Untuk sementara, traffic light ditempatkan di tiang lampu penerangan jalan (PJU) sebelum tiang khusus traffic light yang lebih tinggi dipasang.

“Semua sisi sudah berfungsi dan bisa terlihat. Dalam waktu dekat, tiang akan diganti dengan yang lebih tinggi karena saat ini masih ditempel di tiang PJU,” ujar Salim. (*)

Reporter: Rengga Yuliandra

spot_img

Update