Jumat, 18 Oktober 2024

BMKG Prediksi Hujan Diakhir Pekan Disertai Angin Hingga 25 Km/Jam

Berita Terkait

spot_img
Foto Lepas 1 F Cecep Mulyana
Seorang warga tengah melihat pemandangan kawasan Batamcenter dan Nongsa yang mendung, Minggu. F Cecep Mulyana/Batam Pos

batampos – Hujan dengan intensitas sedang hingga lebat diperkirakan masih terus berlanjut di Kota Batam sampai beberapa hari kedepan. Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Hang Nadim Batam menyebut potensi tersebut juga terjadi di beberapa kota dan kabupaten lainnya di Provinsi Kepri.

“Prakiraan cuaca satu minggu kedepan secara umum batam masih berpotensi hujan sedang hingga lebat dengan durasi relatif singkat dan bersifat lokal di suatu daerah,” ujar Forecaster BMKG Hang Nadim, Fitri Annisa, Jumat (18/10).

Pihaknya juga mengingatkan kepada masyarakat yang beraktivitas diluar curah hujan tersebut bakal dibarengi dengan angin yang bergerak dengan kecepatan mencapai 25 km/jam.

“Angin cenderung bergerak dari arah Tenggara – Barat Daya dengan kecepatan berkisar antara 5 – 25 km/jam, jadi masyarakat diimbau untuk waspada jika beraktivitas diluar disaat cuaca tersebut,” terangnya.

BMKG juga memonitor pergerakkan tinggi gelombang laut di wilayah perairan Batam, Bintan, Karimun, Lingga, dan Anambas. Dalam pantauan masih tergolong tenang dan rendah sehingga cukup kondusif untuk aktifitas laut.

“Tinggi gelombang di wilayah Perairan Batam, Bintan, Karimun, Lingga, dan Anambas dalam kategori tenang – rendah (di bawah 1.25 meter) sehingga cukup kondusif untuk aktivitas kelautan,” katadia.

Sementara itu untuk wilayah perairan Kabupaten Natuna juga demikian, masih dalam kategori sedang.

“Sedangkan untuk wilayah perairan laut Natuna, prakiraan ketinggian gelombang untuk sminggu kedepan bisa mencapai 1.5 meter kategori sedang,” ujarnya.

Menurut BMKG, ketidakstabilan cuaca ini disebabkan oleh kondisi awan yang terus berubah-ubah serta adanya konvergensi massa udara di sekitar wilayah Kepri yang meningkatkan potensi terbentuknya awan hujan.

Masyarakat diimbau untuk tetap waspada, terutama mereka yang beraktivitas di luar ruangan atau di perairan, mengingat potensi perubahan cuaca yang cepat di wilayah ini.

“BMKG terus memantau perkembangan cuaca dan akan memberikan informasi lebih lanjut jika diperlukan,” tutupnya. (*)

 

Reporter : AZIS MAULANA

spot_img

Update