Jumat, 25 Oktober 2024

Pendaftaran PPPK Pemko Batam Ditutup, 2.357 Pelamar Siap Bersaing

Berita Terkait

spot_img
pppk
Peserta seleksi PPPK Kota Batam berdoa sebelum mengikuti ujian di Hotel Golden View, Bengkong, Jumat (17/11/2023). Tahun ini, Pemko Batam kembali mengusulkan ribuan formasi PPPK dan puluhan CPNS. (F. Cecep Mulyana/Batam Pos)

batampos – Sebanyak 2.357 pendaftar tercatat dalam Sistem Seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (SSCASN) 2024. Mereka akan bersaing untuk mengisi 2.300 formasi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) di lingkup Pemerintah Kota (Pemko) Batam.

Dari total pelamar tersebut, terdapat 137 pendaftar untuk formasi guru, 45 untuk tenaga kesehatan, dan 2.175 untuk tenaga teknis. Adapun Pemko Batam menyediakan 2.300 formasi PPPK yang terdiri dari 109 formasi untuk guru, 67 tenaga kesehatan, dan 2.124 tenaga teknis.

Proses pendaftaran dilakukan secara daring melalui portal SSCASN dan telah berakhir pada 20 Oktober 2024. Saat ini, proses seleksi administrasi sedang berlangsung dan dijadwalkan selesai pada 29 Oktober 2024. Pengumuman hasil seleksi administrasi akan dilakukan pada 30 Oktober hingga 1 November 2024.

Baca Juga: Anggaran Rp 3 Miliar, Proyek Infrastruktur Kelurahan di Batam Ditargetkan Selesai Desember 2024

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Batam, Hasnah mengatakan, pendaftaran yang sudah ditutup menunjukkan antusiasme yang tinggi dari masyarakat.

“Kami sedang dalam proses seleksi administrasi hingga 29 Oktober 2024. Sedangkan pengumuman hasil seleksi akan dilakukan pada 30 Oktober hingga 1 November nanti,” ujarnya, Kamis (24/10).

Sekretaris Daerah (Sekda) Batam, Jefridin Hamid menjelaskan, bahwa seleksi PPPK ini akan menggunakan sistem peringkat. Pertimbangan utama adalah pengalaman kerja, di mana pelamar untuk jenjang pemula, terampil, mahir, penyelia, dan ahli pertama harus memiliki pengalaman minimal dua tahun.

“Pelamar jenjang ahli muda harus memiliki pengalaman minimal tiga tahun, dengan pengecualian bagi jabatan fungsional dosen, pengawas sekolah, dan tenaga kesehatan,” ujarnya.

Baca Juga: Pemko Batam Siapkan Rp 65 Miliar untuk Program Makan Bergizi

Seleksi PPPK ini akan berlangsung dalam dua tahap. Tahap pertama, yang sudah selesai, ditujukan untuk pelamar prioritas seperti guru dan eks tenaga honorer kategori II.

Sementara itu, tahap kedua akan dimulai pada 17 November hingga 31 Desember 2024, yang akan membuka kesempatan bagi tenaga non-ASN yang masih aktif bekerja di instansi pemerintah serta lulusan Pendidikan Profesi Guru (PPG) untuk formasi guru. (*)

 

Reporter: Arjuna

spot_img

Update