Sabtu, 26 Oktober 2024

Diskominfo Batam Dorong Generasi Muda Melek Digital melalui Pemanfaatan Teknologi Informasi

Berita Terkait

spot_img
image0 8 1 e1729872411843
Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Batam mengadakan acara Literasi Digital di Institut Teknologi Batam, Sekupang. F.Istimewa

batampos – Dalam upaya meningkatkan literasi digital di kalangan generasi muda, Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Batam mengadakan acara Literasi Digital di Institut Teknologi Batam, Sekupang.

Kepala Diskominfo Kota Batam, Rudi Panjaitan, dalam kesempatan tersebut mengajak generasi muda untuk memanfaatkan teknologi dengan bijak serta mewaspadai dampak negatif yang bisa timbul.

“Kegiatan ini sangat strategis dalam membuka cakrawala generasi muda untuk memanfaatkan teknologi secara positif di era digital, serta meningkatkan kesadaran mereka akan bahaya dan risiko di dunia maya,” ujar Rudi, Kamis (24/10).

Baca Juga: Ekonom Batam: Program MBG Prabowo Berpotensi Tekan Kemiskinan, Tapi Beri Beban Anggaran

Ia menekankan bahwa pemahaman literasi digital di era ini sangat penting, terutama untuk mendukung pembangunan daerah, khususnya di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif yang tengah berkembang pesat di Batam.

Kegiatan tersebut tidak hanya dihadiri oleh mahasiswa, tetapi juga akademisi dan sejumlah pejabat di bidang teknologi informasi.

Sri Andeani dalam pemaparannya membahas empat pilar utama literasi digital, yaitu etika digital, cakap digital, keamanan digital, dan budaya digital. Ia juga menekankan pentingnya menjaga privasi dan keamanan saat berinteraksi di dunia maya.

“Generasi muda perlu menjadi pengguna internet yang cerdas, kritis, dan memahami keamanan digital agar bisa memanfaatkan informasi secara optimal,” katanya.

Baca Juga: Ranperda Angkutan Umum Massal Batam Jadi Solusi Transportasi Efisien dan Terjangkau

Sementara itu, Okto Siagian berbagi wawasan tentang cara mengembangkan potensi diri dalam berkreasi di dunia digital, termasuk teknik membuat konten kreatif yang relevan bagi sektor pariwisata.

Ia menjelaskan bagaimana teknologi dapat digunakan untuk mempromosikan destinasi wisata Batam dan meningkatkan interaksi dengan wisatawan melalui platform digital.

“Dengan kemampuan digital yang baik, generasi muda bisa ikut memajukan pariwisata Batam dan berperan dalam perekonomian lokal,” tambahnya.

Rudi Panjaitan berharap acara ini menjadi langkah awal bagi peserta untuk menerapkan pengetahuan yang didapat dalam kehidupan sehari-hari.

Baca Juga: Surat Suara Pilkada 992.994 lembar Tiba di Batam

Melalui kegiatan ini, Diskominfo Batam optimistis generasi muda akan lebih siap menghadapi tantangan di era digital serta memiliki peran penting dalam pembangunan kota dan masyarakat yang lebih maju, inovatif, dan aman di dunia maya.

“Semoga dengan literasi digital yang kuat, generasi muda Batam dapat menjadi penggerak kemajuan teknologi informasi di masa depan dan berkontribusi positif dalam dunia digital Indonesia,” tutupnya. (*)

 

Reporter: Azis Maulana

spot_img

Update