Senin, 28 Oktober 2024

Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pemasaran Produk Lokal Batam

Berita Terkait

spot_img

cindur batikbatampos – Perguruan tinggi merupakan bagian dari masyarakat suatu wilayah. Tentunya keberadaannya harus memberikan manfaat bagi lingkungannya. Dalam menjalankan fungsinya, terdapat tiga kewajiban yang harus dilaksanakan yang disebut dengan Tri Dharma Pergururuan tinggi, yang harus dilaksanakan semua sivitas akademika termasuk dosen.

Dalam pelaksanaannya, Tri Dharma Perguruan Tinggi diperkuat oleh Undang-Undang Nomor 20 tahun 2003 mengenai Sistem Pendidikan Nasional, yang berbunyi: perguruan tinggi berkewajiban menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Dengan kata lain, Tri Dharma dapat diartikan sebagai tujuan yang harus dicapai perguruan tinggi dan wajib diterapkan dengan baik.

Salah satunya adalah pengabdian kepada masyarakat. Pengabdian kepada masyarakat artinya sebagai bagian sivitas akademika kita memilik kewajiban untuk turun ke lapangan membantu masyarakat dengan memanfaatkan ilmu pengetahuan dan teknologi. Untuk memulai pengabdian, perguruan tinggi memiliki berbagai macam program pengabdian masyarakat yang dapat kita lakukan.

Dalam mengabdi kepada masyarakat, mahasiswa dan dosen berperan dalam menerapkan ilmu yang didapatkan melalui perguruan tinggi. Penerapan tersebut berbentuk pemberdayaan masyarakat ke arah yang lebih baik dalam bidang pengetahuan dan keterampilan. Beberapa program pengabdian masyarakat yang terdapat di kampus di antaranya Kuliah Kerja Nyata (KKN), bakti sosial, penyuluhan masyarakat desa, sosialisasi dan bimbingan serta pelatihan dan sebagainya.

Beberapa waktu yang lalu dosen Universitas Batam yang terdiri dari Dr. Ir John Friadi, S.Kom, M.Si, sebagai ketua didampingi Diana Titik Windayati, S.E., M.Si serta Abdul Malik S.T., M.Ak berkolaborasi dengan warga tanjung piayu dalam rangka meningkatkan daya jangkau pasar produk UMKM yang mereka hasilkan. Tanjung piayu merupakan salah satu kelurahan di kecamatan Sei Beduk, kebanyakan masyarakatnya memiliki mata pencaharian dari nelayan, bertani atau berdagang. Salah satu UMKM yang ada bergerak di bidang usaha Batik, mulai dari membuat, hingga memasarkan produk batiknya, namun selama ini masih dilakukan secara konvensional dengan mengadakan pameran, mengikuti lomba dan pemasaran dari mulut ke mulut.

Kegiatan ini mengedukasi pelaku UMKM dalam hal ini Cindur Batik agar dapat memperluas jangkauan pasarnya melalui pemasaran da penjualan secara online dengan dibuatkan website Batikbatam.com sebagai sebuah platform online e-commerce untuk solusi dalam meningkatkan luasan jangkauan pasar dan peningkatan penjualan produk mereka.

Kegiatan ini sukses memberikan wawasan baru kepada para pelaku UMKM, karena mereka menjadi mengeri tentang pemasaran online dari sudut pandang konsumen. Sedangkan pelatihan tersebut ditujukan agar mereka memanfaatkan media online untuk memperkenalkan, mempromossikan dan menjual prduknya.

Ketua kelompok UMKM Cindur Batik, ibu Sri Ekowati, mengungkapkan rasa terima kasih dan apresiasi mendalam atas kegiatan dari Universitas Batam dimana kegiatan ini sangat membantu dan menambah wawasan tentang bagaimana memasarkan produk mereka secara online dan bagaimana memanfaatkan media platform online e-commerce untuk mempromosikan dan menjual produk mereka serta berharap ke depannya terus terjalin kerjasama yang baik untuk kegiatan-kegiatan lainnya.

Beliau menyampaikan bahwa kedatangan bapak ibu ke Cindur Batik, dalam rangka meningkatkan pengetahuan teknologi digital dan pemahaman tentang pemasaran online, kami mengharapkan dengan website ini nantinya akan dapat meningkatkan pendapatan anggota, dan kami berharap ke depannya kita masih bias bekerjasama untuk kegiatan peningkatan pengetahuan anggota kami.

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah merupakan salah satu program yang di danai oleh Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi melalui BOPTN Tahun Anggaran 2023 Direktorat Riset, Teknologi dan Pengabdian Kepada Masyarakat (DRTPM) dengan skema Pemberdayaan Berbasis Masyarakat serta didukung oleh Rektor Universitas Batam Bapak Prof. Dr. Ir. Samsul Rizal, M.Eng., IPU., ASEAN.Eng, Kepala Penelitian dan Pengabdian Masyarkat (LPPM) ibu Dr. Malahayati Rusli Bintang, BSc., MPH. Terima kasih. (*)

 

spot_img

Update