Minggu, 27 Oktober 2024

RSAB Batam Edukasi Cuci Tangan untuk Anak Sekolah

Berita Terkait

spot_img
cuci tangan
ilustrasi

batampos – Rumah Sakit Awal Bros (RSAB) Batam menggelar lomba ”Dance Hand Hygiene”, Sabtu (26/10) Kegiatan ini sebagai bagian dari kampanye untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya cuci tangan yang benar. Kegiatan ini diikuti oleh 26 sekolah, terdiri dari TK dan SD negeri serta swasta di Batam.

Ketua panitia, NS Novita Simbolon, yang juga seorang profesional pengendalian infeksi di RSAB Batam, menjelaskan, bahwa lomba ini pada awalnya direncanakan bertepatan dengan Hari Cuci Tangan Sedunia, 15 Oktober.

”Sebenarnya kami ingin mengadakan lomba ini di tanggal itu, tapi karena sekolah-sekolah saat itu memiliki agenda tersendiri, maka diundur hingga hari ini,” kata Novita.

Dalam pelaksanaannya, RSAB Batam bekerja sama dengan Dinas Pendidikan (Disdik) Batam untuk menjangkau peserta dari berbagai sekolah. ”Melalui Disdik, mereka yang akan menyurati sekolah-sekolah untuk mengajak partisipasi dalam lomba ini,” ujarnya.

Novita menyebut, RSAB Batam memiliki program edukasi berkala untuk pencegahan infeksi, yang secara rutin mengadakan kunjungan ke sekolah-sekolah setiap bulan atau paling lama setiap tiga bulan. ”Untuk kali ini, kita fokuskan edukasi kepada guru-guru, agar mereka bisa mengajarkan cara mencuci tangan yang benar kepada murid-murid mereka,” ujar dia.

Para peserta lomba tidak hanya bersaing untuk memperebutkan hadiah, tetapi juga
diharapkan mampu menjadi agen perubahan dalam meningkatkan kebiasaan cuci tangan di sekolah. ”Ada hadiah untuk juara 1, 2, 3, dan juara favorit, serta hadiah hiburan bagi seluruh sekolah peserta. Total hadiah yang kami siapkan sekitar Rp10 juta,” ujar Novita.

Melalui lomba ini, dia berharap mampu menumbuhkan kepedulian masyarakat, khususnya sekolah-sekolah di Batam, terhadap kesehatan.

”Harapan kami, semua orang yang datang ke RSAB Batam semakin peduli terhadap kebersihan tangan. Sekolah-sekolah juga agar mengajarkan anak didik untuk peduli kesehatan dimulai dari cuci tangan,” katanya.

Kegiatan ini, yang juga memiliki lomba-lomba internal dan eksternal, direncanakan untuk terus berkembang setiap tahunnya. Bahkan, RSAB Batam berwacana melibatkan perusahaan-perusahaan dalam lomba serupa di tahun depan. (*)

spot_img

Update