Senin, 28 Oktober 2024

KPU Batam Libatkan 200 Warga untuk Pelipatan 922 Ribu Surat Suara Pilkada

Berita Terkait

spot_img
surat suara
LOGISTIK Surat Suara Pemilihan Wali kota dan Wakil Wali kota Batam Tahun 2024 tiba di Gudang KPU Batam di Sekupang, Kamis (24/10).F. RENGGA YULIANDRA/BATAM POS

batampos – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Batam, Kepulauan Riau, telah menerima sebanyak 922.994 lembar surat suara untuk persiapan Pilkada 2024. Jumlah ini sesuai dengan Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang telah ditetapkan, ditambah 2,5 persen sebagai cadangan, sesuai dengan SK KPU Kota Batam Nomor 484 tentang Penetapan Jumlah Surat Suara yang Dicetak untuk Pilkada Batam 2024.

Ketua KPU Kota Batam, Mawardi, menyampaikan bahwa proses pelipatan surat suara ini akan dimulai Senin, 28 Oktober 2024, dan ditargetkan selesai dalam waktu enam hari. Mawardi mengatakan bahwa dalam proses tersebut, KPU akan melibatkan sekitar 200 orang yang ditugaskan di Gudang Logistik KPU Sekupang.

“Mudah-mudahan proses pelipatan dapat berjalan sesuai target waktu. Dengan dimulai pada 28 Oktober, kami harapkan semua selesai dalam enam hari. Dasarnya sesuai dengan SK KPU Nomor 1519 tentang juknis tata kelola logistik, dan kami ingin memastikan semua berjalan lancar.” kata Mawardi, Minggu (27/10).

Baca Juga: 2 Paslon akan Adu Gagasan dan Program

KPU Batam membuka proses rekrutmen tenaga kerja untuk pelipatan surat suara secara terbuka. Namun, dibandingkan dengan Pemilu Legislatif sebelumnya yang melibatkan 400 orang tenaga pelipat, kali ini jumlah tenaga yang dibutuhkan lebih sedikit, hanya 200 orang. Meski begitu, antusiasme masyarakat tetap tinggi.

“Saat pileg lalu, jumlah pendaftar mencapai lebih dari 1.000 orang, meski kami hanya butuh 400 orang. Kali ini, dengan 200 tenaga yang kami butuhkan, animo masyarakat tidak jauh berbeda,” jelasnya.

Untuk memudahkan logistik dan efisiensi, KPU Batam mengutamakan rekrutmen dari warga yang tinggal di sekitar Gudang Logistik di Sekupang. Mawardi menjelaskan, pemilihan warga sekitar ini akan memudahkan pelaksanaan, terutama jika proses pelipatan berlangsung hingga malam hari.

“Kami mengutamakan masyarakat di sekitar gudang, karena proses pelipatan diperkirakan bisa berlangsung hingga malam. Jadi, jika tenaga kerja berdomisili dekat dengan gudang logistik, pelaksanaan bisa lebih mudah,” tambah Mawardi.

Baca Juga: Kadinkes: Cuaca Pancaroba Tingkatkan Risiko ISPA di Batam

Selain surat suara, Mawardi menyampaikan bahwa masih ada logistik lain yang belum tiba, seperti formulir-formulir yang diperlukan pada hari pemungutan suara. KPU terus memantau dan memastikan semua kebutuhan logistik terpenuhi tepat waktu, sehingga pelaksanaan Pilkada 2024 dapat berjalan lancar dan sesuai jadwal.

Dengan persiapan yang matang ini, KPU Kota Batam berharap agar pelaksanaan Pilkada di Batam dapat terlaksana dengan baik, lancar, dan tepat waktu. (*)

 

Reporter: Rengga Yuliandra

spot_img

Update