Senin, 28 Oktober 2024

Peringatan Hari Sumpah Pemuda di Batam: Pjs Walikota Serukan Penguatan Peran Pemuda dalam Pembangunan

Berita Terkait

spot_img
image0 1 2 e1730112522619
Upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-96 tingkat Kota Batam berlangsung dengan penuh khidmat di Dataran Engku Putri, Batam Centre. F.Diskominfo Batam

batampos – Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-96 tingkat Kota Batam berlangsung dengan penuh khidmat di Dataran Engku Putri, Batam Centre, Senin (28/10)

Penjabat Sementara (Pjs) Wali Kota Batam, Andi Agung menyampaikan semangat persatuan dan tekad pembangunan kepemudaan demi masa depan bangsa. Ia membacakan pidato dari Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia, Ario Bimo Nandito Ariotedjo, yang menekankan pentingnya menjaga nilai-nilai Sumpah Pemuda 1928.

Ario menyampaikan bahwa Sumpah Pemuda adalah peristiwa monumental yang mengukuhkan tekad persatuan para pemuda Indonesia meski berbeda latar belakang.

“Nilai-nilai luhur dari generasi 1928 ini harus terus dikumandangkan agar menguatkan karakter bangsa dalam menghadapi perubahan zaman yang dinamis,” ujarnya.

Baca Juga: Pjs Wali Kota Motivasi Peserta Seleksi CPNS Batam

Tahun ini, Peringatan Hari Sumpah Pemuda bersamaan dengan fase transisi pemerintahan yang baru, momen yang penting untuk mengokohkan agenda pembangunan nasional jangka panjang menuju Indonesia Emas 2045 yang berdaya saing di kancah global.

Tema peringatan tahun ini, “Maju Bersama Indonesia Raya,” mengajak seluruh komponen bangsa untuk mengembangkan potensi pemuda dalam berbagai aspek pembangunan, baik sebagai subjek maupun objek.

Menurut Andi Agung, Indeks Pembangunan Pemuda (IPP) tahun ini menunjukkan angka 56,33 persen dengan capaian tertinggi pada domain pendidikan sebesar 70 persen. Namun, masih ada tantangan pada aspek lapangan kerja 45 persen dan partisipasi kepemimpinan 43,33 persen .

Pemerintah berkomitmen untuk terus meningkatkan angka ini melalui upaya sinergis antara pemerintah, masyarakat, industri, dan perguruan tinggi dalam menciptakan ekosistem kepemudaan yang inovatif dan berdaya saing. Andi juga menyatakan pentingnya dukungan kebijakan dari tingkat daerah.

Baca Juga: Proses Sortir dan Pelipatan Surat Suara Pilkada 2024 di Batam Dimulai

“Kebijakan yang terarah pada peningkatan IPP di setiap daerah akan memperluas jangkauan layanan kepemudaan sehingga setiap pemuda mendapatkan kesempatan untuk berkembang,” katadia.

Andi mengajak seluruh pihak untuk bersama-sama mendorong perkembangan kreativitas dan inovasi pemuda dengan membuka peluang bagi mereka dalam berbagai sektor pembangunan.

“Marilah kita tingkatkan perhatian pada pemuda Indonesia dengan memperbaiki tata kelola layanan dan mendukung kemajuan mereka. Indonesia yang besar dan sejahtera memanggil kontribusi pemuda dalam berbagai bidang,” tutupnya. (*)

 

Reporter: Azis Maulana

spot_img

Update