batampos – Menyambut libur Natal dan Tahun Baru 2024, sejumlah pihak terkait di Kepulauan Riau (Kepri) menyatakan kesiapan mereka untuk memastikan kelancaran arus transportasi baik di jalur laut maupun darat.
Kepala Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Kelas II Kepri, Dini Kusumahati, meng-ungkapkan bahwa koordinasi antarinstansi telah dilakukan guna meningkatkan keselamatan, keamanan, dan kenyamanan masyarakat.
”Kami sudah melakukan koordinasi persiapan angkutan Nataru di lintas penyeberangan baik laut maupun darat di Kepulauan Riau agar tercipta keselamatan, keamanan, dan kenyamanan masyarakat. Kami fokus pada pelayanan kepada masyarakat,” ujarnya, Rabu (11/12).
Dini menambahkan bahwa kesiapan sarana dan prasarana telah dilakukan sejak dua bulan lalu. Setelah rapat koordinasi bersama instansi terkait, persiapan dinyatakan mencapai 100 persen. Pemeriksaan kendaraan darat dan kapal penyeberangan juga telah dilakukan sepenuhnya.
Salah satu pembaruan dalam pelaksanaan tahun ini adalah penerapan pembelian tiket secara daring. ”Rekayasa tidak terlalu berbeda dari tahun sebelumnya, namun tahun ini pembelian tiket dilakukan 100 persen secara online. Kami berharap masyarakat yang datang ke pelabuhan sudah memiliki tiket,” tambahnya.
Sebagai langkah antisipasi, pihaknya menyediakan ruang khusus yang disebut buffer zone di beberapa pelabuhan bagi masyarakat yang mengalami kendala terkait kepemilikan tiket.
“Sosialisasi melalui media sosial juga sudah dilakukan agar masyarakat lebih memahami mekanisme baru ini,” ujarnya.
Hal senada disampaikan General Manager PT ASDP Cabang Batam, Hermin Welkis, yang memastikan kesiapan fasilitas di Pelabuhan Roro Telaga Punggur. ”Kami sudah menyiapkan buffer zone khusus agar tidak ada penumpang atau kendaraan yang tidak mendapatkan pelayanan. Penumpang yang datang cukup menunjukkan tiket dan langsung naik ke kapal,” katanya.
Ia juga menyebutkan bahwa pihaknya telah membuka penjualan tiket sejak beberapa hari lalu untuk semua rute. Jika terjadi lonjakan penumpang menjelang hari keberangkatan, PT ASDP siap menambah perjalanan ekstra.
”Kami berharap penumpang yang sudah memiliki tiket dapat langsung antre dan masuk ke kapal tanpa harus menumpuk di pelabuhan,” ujarnya.
Renovasi dan Pelayanan Publik di Hang Nadim Dikebut
PT Bandara Internasional Batam (BIB) memastikan kesiapan seluruh fasilitas Bandara Internasional Hang Nadim Batam menjelang momen libur Natal 2024 dan Tahun Baru 2025.
Direktur Operasi PT BIB, Nugroho Jati, menyatakan renovasi ruang tunggu penumpang menjadi salah satu prioritas utama sebelum pembukaan Posko Terpadu Angkutan Natal dan Tahun Baru.
“Ruang tunggu penumpang kami targetkan selesai sebelum posko terpadu dibuka pada 19 Desember. Saat ini, hanya tersisa dua ruang tunggu yang masih dalam pengerjaan, dan kami sedang mempercepat prosesnya,” ujar Nugroho, Rabu (11/12).
Selain fasilitas ruang tunggu, pelayanan publik lainnya seperti taksi, angkutan Damri, hingga jadwal penerbangan telah dipastikan memadai untuk mengantisipasi lonjakan penumpang selama periode liburan.
“Slot penerbangan aman, kapasitas kami sudah sesuai dengan kebutuhan. Untuk saat ini, belum ada pengajuan penambahan penerbangan dari pihak maskapai,” tambahnya.
Nugroho juga menyampaikan bahwa persiapan pembukaan Posko Terpadu Angkutan Natal 2024-Tahun Baru 2025 berjalan lancar.
Posko ini akan mencakup layanan infrastruktur, informasi, keamanan, keselamatan, hingga kesehatan guna memastikan kenyamanan dan keselamatan para pengguna jasa bandara.
“Rencana operasional posko sudah kami siapkan. Detailnya akan disampaikan saat pembukaan posko pada 19 Desember nanti,” kata Nugroho.
Dengan persiapan yang matang, PT Bandara Internasional Batam optimistis mampu memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat yang akan bepergian selama libur Natal dan Tahun Baru. (*)