batampos – Warga Legenda menjerit akibat terhentinya distribusi air bersih di kawasan itu sejak pukul 09.00, Rabu (8/5/2024). Kondisi ini membuat warga kesulitan air bersih, sebab tak ada pengumuman sebelumnya.
Nisa, warga Legenda Avenue mencoba mencari tahu dengan mengecek ke media sosial (medsos) ABH, yakni lewat instagram @airbatamhilir, namun tidak ada informasi apa-apa soal mengapa air di Kawasan Legenda Malaka tak mengalir.
“Harusnya diinfokan cepat begitu ada gangguan kalau sifatnya tiba-tiba atau insidentil. Tapi kalau perbaikan rutin atau terjadwal kan bisa jauh-jauh hari diinfokan. Ini info tak ada, tiba-tiba mati. Kami jadi tak tampung air,” ujar Nisa.
Baca Juga:Â Warga Batam, Ada Gangguan Air Telepon ke Sini Ya
Ia mengaku mencoba mencari tahu lewat media sosial ABH. “Tapi informasi gangguan layanan terakhir di IG ABH itu, Selasa (7/5/2024). Tapi itu di kawasan Nongsa, bukan Legenda Batam Center,” ujar Nisa, yang kemudian menghubungi Batam Pos, mencari tahu penyebabnya.
Batam Pos kemudian mencari tahu dengan mengkonfirmasi ke Corporate Communication (Corcom) Spam Batam, Ginda Alamsyah, melalui pesan WhatsApp pada pukul 14.11 WIB. Namun Ginda baru menjawab 15.22 WIB, sembari mengirimkan pengumuman gangguan layanan di Kawasan Legenda Malaka tersebut.
Sekitar tiga menit sebelum menjawab Batam Pos, tim ABH juga baru memposting gangguan layanan itu di media sosialnya soal gangguang layanan air bersih tersebut di Legenda Malaka dan sekitarnya. Padahal, air sudah tak mengalir sejak pukul 09.00 pagi.
Baca Juga:Â Cegah Genangan Air, Batam Butuh Perbaikan Saluran
Ginda mengatakan, ada perbaikan kebocoran pipa di Depan Gerbang Legenda Malaka, Baloi Permai dan masih dalam perbaikan. Perbaikan tersebut memang berdampak pada gangguan suplai air bersih berupa air kecil dan air terhenti untuk sementara waktu.
Area terdampak Legenda Malaka dan sekitarnya.”Kami menyiagakan mobil tangki air bersih untuk pelanggan yang mengalami gangguan suplai air hingga 1×24 jam yang dapat dikoordinir oleh Ketua RT/RW/Kelurahan setempat,” ujar Ginda.
Permintaan layanan mobil tangki air ini, lanjut Ginda, dapat disampaikan melalui saluran resmi kepelangganan Air Batam Hilir. Antar lain; Kantor Pelayanan Pelanggan (KPP) yang berada di Bengkong dan Batu Aji
, Call Center Air Batam Hilir (0778) 5700 000, WA 08117780155
, Mobile Application Air Batam Hilir
, Instagram @airbatamhilir
, Twitter @airbatamhilir
, Facebook airbatamhilir
, Website www.airbatam.com
, dan atau Email [email protected]
. (*)
Laporan: Muhammad Nur