Senin, 30 September 2024

ASDP Buka Layanan Pendaftaran Secara Online Tujuan Selari dan Kuala Tungkal

Berita Terkait

spot_img
kapal Roro 2 F Cecep MUlyana
Ilustrasi. Aktivitas di Pelabuhan ASDP Punggur. Foto: Cecep Mulyana/Batam Pos

batampos – ASDP Telaga Punggur telah membuka pendaftaran angkutan penyeberangan tujuan Selari dan Kuala Tungkal periode Lebaran 2023 secara online (whatsapp).

Hal ini merupakan langkah terobosan dari ASDP untuk menghindari antrean pendafatran kendaraan yang mengular secara offline dan menghindari adanya praktik percaloan.



“Jadi mulai 1 April kemarin pengguna jasa Kapal Roro bisa langsung menghubungi dengan jasa hotline ASDP di nomor whatsapp 0823 8656 5878 untuk memudahkan melakukan pendaftaran nomor antrean kendaraan kemudian akan di informasikan terkait persyaratan seperti kelengkapan surat kendaraan,” ujar General Manager PT ASDP Batam, Marsadik, Minggu (2/3/2023).

Baca Juga: Tiket Kapal Pelni KM Kelud Tanggal 17,18 dan 19 April 2023 Ludes Terjual

Layanan ini menginformasikan jika pendaftaran sudah penuh dan juga memberitahu untuk kouta atau slot yang ada di hari berikutnya.

“Kouta tersebut berdasarkan kapasitas kapal, dan ini merupakan tranparansi dari ASDP untuk memudahkan pengguna jasa agar mengantri untuk proses pendaftaran serta menghindari praktek per caloan,” ujarnya.

Proses pendaftran secara online nantinya admin dari hotline whatsapp ASDP Telaga Punggur akan mengirim formulir data identitas kendaraan berserta penumpang kepada pengguna jasa untuk dilakukan pengisian.

Baca Juga: Imigrasi Batam Tunda Keberangkatan 2.715 WNI ke Luar Negeri, Ini Sebabnya

“Pengguna jasa mengisi formulir tersebut sesuai dengan data identitas kendaraanya (STNK) dan data identitas penumpang,” ujarnya.

Kemudian pengguna jasa mengirim kembali formulir data identitas kendaraan dan penumpang yang sudah diisi kepada admin hotline whatsapp ASDP Telaga Punggur dengan melampirkan foto STNK dan KTP secara jelas (kendaraan tidak bermasalah dengan kepabeanan/ FTZ).

“Admin akan melalukan verifikasi data . Apabila data dinyatakan lengkap dan sesuai maka akan diberikan nomor antrian kendaraan dalam bentuk file PDF dalam waktu sehari dari waktu pendaftaran dalam jam kerja,” ujarnya.

Baca Juga: BP Batam Libatkan Konsultan Internasional Bahas Rencana Pengembangan Pulau Rempang dan Galang

Apabila dalam kurun waktu tersebut diatas jika tidak terdapat konfirmasi lebih lanjut maka pendaftaran dinyatakan tidak memenuhi syarat kelengkapan dokumen dan wajib untuk melaksanakan pendaftaran kembali pada hotline whatsapp.

Pada saat hari keberangkatan kendaraan yang akan menyeberang harus menunjukkan nomor antrian kendaraan yang sudah dicetak oleh masing – masing pengguna jasa sebelum masuk Pelabuhan.

“Dan pastikan Nomor Plat Kendaraan sesuai dengan yang terdaftar / tidak diperbolehkan untuk diganti dengan kendaraan lain. Untuk memastikan nomor antrian kendaraan yang terdaftar dapat dilihat di sosial media Instagram @asdp.batam,” tutupnya.(*)

Reporter: Azis Maulana

spot_img

Update