Sabtu, 23 November 2024

Astra Honda Motor: Berkendara dengan Motor Matik, Badan Condong ke Depan saat Tanjakan

Berita Terkait

spot_img
SEJUMLAH pengendara naik motor matik di jalanan menanjak. F. AHM untuk Batam Pos

batampos – Berkendara di jalanan dengan tanjakan terjal ataupun turunan curam kerap mendapat perhatian istimewa. Melewati kedua jalur jalan ini, tidak hanya dituntut meningkatkan kewaspadaan namun juga keterampilan dan kesabaran.

Pada dasarnya, berkendara menggunakan sepeda motor matik berbeda dengan sepeda motor yang menggunakan kopling. Sepeda motor tipe sport atau bebek (cub) ketika melewati jalur turunan dapat memanfaatkan engine brake dengan memposisikan gigi satu untuk membantu mengurangi kecepatan.


Namun seperti apa jika menggunakan sepeda motor matik dengan perpindahan transmisi secara otomatis.

“Setiap pengendara wajib memahami teknik berkendara yang tepat agar mampu meng­hadapi berbagai kontur dan kondisi jalan. Hal ini sangat membantu kita untuk dapat tetap fokus dalam berkendara agar selamat sampai tujuan dan berkendara pun menjadi menyenangkan”, ujar , Safety Riding Manager PT Astra Honda Motor (AHM), Johanes Lucky, Rabu (13/7).

Tapi yang pasti, kata Johanes, sebelum berkendara harus terlebih dulu dilakukan penge­cekan dan pemeriksaan pada kendaraan yang akan digunakan.

”Untuk menjaga performa kendaraan dan mengurangi potensi terjadinya insiden dari faktor kendaraan, lakukanlah pemeriksaan pada kendaraan yang digunakan mulai dari bahan bakar, oli, rantai, ban, kopling, rem, dan perangkat lainnya,” terangnya.

Kenali kondisi rute yang akan dilalui pastikan mengetahui rute atau kondisi jalan agar kita dapat antisipasi terlebih dahulu berbagai macam jalur yang akan dilewati.

”Pengendara sepeda motor dapat mengatur jadwal dan rute perjalanan untuk menghemat jarak, waktu, tenaga serta menghindari kemacetan,” sebutnya.

Pada saat akan memasuki jalan menanjak, sebaiknya mengambil jarak yang cukup agar akselerasi sepeda motor dapat melewati tanjakan.

BACA JUGA: Honda Kepri Gelar Nobar MXGP dan Berbagi Kebahagian

Pada saat akan memasuki jalan menurun, sebaiknya kurangi kecepatan jauh sebelum memasuki jalan menurun yaitu dengan menurunkan gas dan pertahankan kecepatan sepeda motor dengan menggunakan rem depan/belakang.

Postur saat berkendara di jalur tanjakan posisikan badan condong ke depan agar roda depan mendapatkan grip (cengkraman) yang kuat terhadap permukaan jalan, demikian pula pada saat berkendara jalur turunan, posisikan postur badan condong ke belakang.
Ketika harus berhenti di tanjakan, komposisi rem belakang sebaiknya lebih besar yang berguna untuk menahan gaya dorong kendaraan ke belakang.

”Hindari posisi di belakang kendaraan berukuran besar, seperti truk dan bus namun bila terpaksa harus berada di belakang kendaraan besar ambilah posisi di sebelah kiri atau mengambil posisi paling aman di belakangnya,” tutupnya. (*) 

Reporter: Azis Maulana

spot_img

Baca Juga

Update