Sabtu, 13 April 2024
spot_img

Batam Terbaik Pasar Tertib Ukur se-Indonesia

Berita Terkait

spot_img
unnamed 7 e1699629809173
Penghargaan yang diterima Sekretaris Daerah Kota Batam Jefridin, didamping Kadis Perindag Kota Batam Gustian Riau.

batampos– Pemerintah Kota Batam melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Batam meraih Penghargaan Pasar Tertib Ukur Terbaik Regional 1. Prestasi Kota Batam itu diberikan melalui acara “Penganugerahan Penghargaan Perlindungan Konsumen” oleh Kementrian Perdagangan RI 2023″ di Hotel Pullman Bandung Grand Central, Jumat (10/11).

Penghargaan itu diberikan dalam rangka memberikan apresiasi kepada Pemda yang memiliki komitmen dalam perlindungan konsumen. Menteri Perdagangan RI Zulkifli Hasan menyerahkan penghargaan itu kepada Sekretaris Daerah Kota Batam Jefridin, didamping Kadis Perindag Kota Batam Gustian Riau.

Kadisperindag Kota Batam, Gustian Riau mengatakan Batam mendapat nilai terbaik setelah Jakarta diurutan ke 2, kemudian nomor 3 Banjarmasin dan terbaik 4 Kabupaten Wajo. Penghargaan itu tentunya menjadi hadiah untuk Disperindag menjelang akhir tahun.

“Alhamdulillah bahagia sekali, Batam menjadi yang terbaik dalam hal pasar tertib ukur. Dan ini penghargaan pertama dalam kategori pasar tertib ukur,” ujar Gustian .

BACA JUGA: BP Batam Raih 5 Penghargaan dalam KPKNL Batam Stakeholders Award 2023

Dikatakan Gustian, penilaian terbaik itu diberikan untuk 10 pasar yang ada di Kota Batam, diantaranya pasar Botania 1, pasar Botania 2, Pasar Cik Puan, Pasar Ciptapuri, Pasar Fanindo, Pasar Tibancenter, Pasar Viktoria, Pasar Pasir Putih, Pasar PenuinCenter , Pasar Seiharapan. Atas penghargaan itu, Gustian berjanji untuk pasar di Batam bisa lebih banyak mendapat nilai terbaik.

“Tugas kedepannya, menjadikan seluruh pasar di Batam terbaik. Dari 45 pasar, 10 pasar sudah mendapat nilai terbaik,” jelas Gustian.

Menurut dia, kategori penilaian diantaranya adalah wajib melakukan ukuran timbangan secara berkala, pembinaan dan penyuluhan, adanya pendataan dan monitoring, adanya pengawasan rutin, tera ulang timbangan setiap tahun. Menyediakan timbangan pembanding.

“Dengan adanya penghargaan di 10 pasar itu, artinya meningkatkan kepercayaan kepada konsumen untuk berbelanja disana. Saya juga berpesan agar pasar-pasar tersebut tetap mempertahankan kualitas mereka, kalau bisa lebih meningkat,” sebut Gustian. (*)

reporter: yashinta

spot_img

Update