Rabu, 18 September 2024
spot_img

Berpindah Pengelola, Arus Pelabuhan Batam Center Normal, PT Metro Nusantara Bahari Telah Kelola 23 Ribu Penumpang

spot_img

Berita Terkait

spot_img
pelabuhan1 e1722864561115
Calon penumpang feri sedang antre menunggu giliran di Pelabuhan Batam Center

batampos– Arus lalu lintas penumpang di Pelabuhan Batam Center berlangsung normal. Meskipun ada pergantian pengelola, hal ini tidak menganggu pelayanan dan lalu lintas penumpang.

Sejak dioperasikan oleh mitra pengelola baru, yakni PT Metro Nusantara Bahari, Terminal Ferry Internasional Batam Center telah melayani 23 Ribu penumpang sejak Jumat, 2 Agustus 2024 hingga Minggu, 4 Agustus 2024.



BACA JUGA: BP Batam Sebut PT Metro Nusantara Bahari Kantongi Izin Pemenuhan Keamananan Fasilitas Pelabuhan dari Kemenhub

Disampaikan Direktur Badan Usaha Pelabuhan, Dendi Gustinandar, 73 persen atau 17.534 penumpang diantaranya datang dan berangkat menuju Singapura, dengan jumlah kunjungan kapal sebanyak 298 call.

“Sedangkan yang menuju Malaysia berjumlah 6.418 orang atau 27 persen dari total penumpang baik datang dan berangkat, dengan jumlah kunjungan kapal sebanyak 138 call,” ujar Dendi Gustinandar, Senin (5/8).

Dendi mengatakan data ini menunjukkan bahwa operasional Terminal Ferry Internasional Batam Center tetap berjalan normal seperti biasa. Ia memprediksi terdapat lonjakan penumpang pada periode 9-11 Agustus 2024 mendatang sebagai imbas dari National Day Singapura yang jatuh pada 9 Agustus 2024.

pelabuhan 2 e1722864655736
Penumpang feri saat tiba di pintu kedatangan Pelabuhan Batam Center

“Badan Usaha Pelabuhan BP Batam bersama tim pengelola akan melakukan persiapan guna mengantisipasi lonjakan penumpang di periode 9-11 Agustus 2024 mendatang sehingga penumpang tetap merasakan kenyamanan selama menggunakan fasilitas di Terminal Ferry Internasional Batam Center,” ucapnya.

Sementara itu, dari sisi parkir, PT Metro Nusantara Bahari juga tengah menyiapkan sistem parkir otomatis yang sudah diuji coba mulai Sabtu, 3 Agustus 2024. Pada Minggu, 4 Agustus 2024, pengendara yang masuk sudah dilayani mesin parkir secara otomatis meski masih dibantu oleh petugas di area gerbang masuk.

“Kami terus mengevaluasi pelayanan yang diberikan oleh mitra pengelola. Masukan demi masukan yang diberikan penumpang menjadi semangat kami untuk memberikan pelayanan yang terbaik,” ucap Dendi.

Sebagai informasi tambahan, Pelabuhan Batam Center memiliki 4 Wheel chair dalam posisi yang selalu stanby. Selain itu, berbagai peralatan penunjang juga sudah disediakan. Pengelola Pelabuhan Batam Center yang baru, PT Metro Nusantara juga telah memperkerjakan satuan pengamanan. (*)

 

Reporter: Fiska Juanda

spot_img
spot_img

Update