Sabtu, 28 September 2024

BIB Komitmen Tingkatkan Pelayanan Penumpang Domestik hingga Penerbangan Internasional

Berita Terkait

spot_img
IMG 20231107 WA0023 1 scaled e1699354144786
PT Bandara Udara Internasional Batam (BIB) berkomitmen meningkatkan pelayanan di Bandara Hang Nadim Batam.

batampos – PT Bandara Udara Internasional Batam (BIB) berkomitmen meningkatkan pelayanan penumpang domestik hingga penumpang penerbangan internasional di Bandara Hang Nadim.

Direktur Utama PT Bandara Internasional Batam Pikri Ilham Kurniansyah mengatakan untuk menuju bandara yang lebih baik dan siap melayani penumpang lokal maupun internasional diperlukan peningkatan pelayanan.



“Pelayanan adalah hal penting. Orang akan mengingat pelayanan dimana pun mereka menggunakan fasilitas maupun sebagai pengguna jasa,” ujarnya dalam Focus Group Discussion (FGD), di Swiss Bell Hotel, Selasa (7/11).

Baca Juga: Hapus VoA Untuk Dongkrak Kunjungan Wisman ke Batam

Ia menjelaskan, bahwa penilaian survei Standar Pelayanan dari Airport Service Quality (ASQ) pada Q3 tahun 2023 mendapatkan score yang positif dengan kenaikan sebesar 0,05 dengan nilai 4.19.

“Ini untuk meningkatkan pelayanan jasa kebandarudaraan, PT BIB wajib memberikan pelayanan kepada pengguna jasa bandar udara sesuai dengan standar pelayanan jasa kebandarudaraan,” ujar Pikri.

Ia menyebutkan standar terhadap pelayanan jasa kebandarudaraan di bandar udara meliputi standar pelayanan terhadap pesawat udara, standar pelayanan terhadap penumpang, dan standar pelayanan di area/wilayah kargo dan pos.

Hal tersebut berdasarkan, Peraturan Menteri Perhubungan Republik Indonesia Nomor PM 41 Tahun 2023 tentang pelayanan jasa kebandarudaraan di bandar udara.

Baca Juga: Kunjungan Wisman ke Kepri Tembus 1,1 Juta, Tertinggi Sejak Pandemi Covid-19

“Unit penyelenggara bandar udara dan badan usaha bandar udara, wajib menetapkan dan melaksanakan standar pelayanan jasa kebandarudaraan di bandar udara,” jelas Pikri.

PT BIB juga berupaya untuk menjaga fasilitas infrastruktur yang baik bagi masyarakat, serta memberikan layanan untuk disabilitas, karena memang mereka membutuhkan layanan khusus kemudian juga bagi ibu hamil, orang tua dan orang sakit.

“Ketertiban juga keamanan penerbangan dibahas dan juga risiko-risiko bagaimana tanggung jawab juga dibahas, tentang siapa yang bertanggung jawab terhadap apa yang terjadi, apakah airline, apa bandara itu juga dibahas cukup dalam,” jelasnya.

Baca Juga: Sampah dan Material Tanah Sumbat Gorong-Gorong, Bisa Bikin Banjir Lagi

Dari catatan PT Bandara Internasional Batam (BIB), Bandara Hang Nadim Batam melayani jumlah penumpang yang meningkat sebesar 18.86 persen dibandingkan periode yang sama di tahun 2022 yang mencatatkan jumlah penumpang sebanyak 1.690.136 penumpang.

Dengan meningkatnya jumlah penumpang tersebut, jumlah penerbangan selama Januari hingga Juni 2023 juga mengalami peningkatan sebesar 28.68 persen atau sebanyak 15.113 penerbangan pada semester I tahun 2023 ini. Begitu juga untuk kargo yang meningkat sebanyak 32.46 persen atau semester I 2023 mencatatkan 14.822 ton kargo.(*)

 

 

Reporter: YULITAVIA

spot_img

Update