batampos – Menjelang perayaan Natal 2024 dan Tahun Baru 2025 (Nataru), BP Batam mengambil langkah strategis untuk memastikan kelancaran dan kenyamanan para pengguna jasa pelabuhan di wilayah kerjanya.
Direktur Badan Usaha Pelabuhan (BUP) BP Batam, Dendi Gustinandar mengungkapkan, bahwa pihaknya telah mempersiapkan berbagai sarana dan prasarana guna menghadapi lonjakan penumpang yang diprediksi meningkat seperti tahun-tahun sebelumnya.
“Kami telah mempersiapkan seluruh sarana dan prasarana di pelabuhan, termasuk koordinasi intens dengan stakeholder, pengerahan personel tambahan, serta pendirian posko angkutan laut terpadu untuk mendukung kelancaran arus penumpang selama periode Natal dan Tahun Baru,” katanya, Selasa (17/16).
BP Batam akan mendirikan Posko Angkutan Laut Nataru di dua pelabuhan utama, yaitu Terminal Ferry Domestik Punggur dan Terminal Ferry Domestik Sekupang, yang dikelola langsung oleh BUP BP Batam. Selain itu, posko tambahan akan disediakan di Terminal Bintang 99 Persada di Batuampar, untuk melayani Kapal Pelni, bekerja sama dengan pengelola pelabuhan tersebut.
Baca Juga:Â SIMBG Jadi Kunci Percepatan Perizinan Bangunan di Kota Batam
Dendi menyebut, penumpukan penumpang diperkirakan mencapai puncaknya pada H-1 Natal di pelabuhan domestik. Sementara lonjakan di pelabuhan internasional terjadi pada H-2 Natal.
“Kami berkomitmen memberikan layanan terbaik bagi seluruh pengguna jasa pelabuhan selama masa angkutan Nataru,” kata dia.
BUP BP Batam mencatat, selama Nataru 2023, sebanyak 44.027 penumpang Kapal Pelni tercatat naik dan turun, meningkat 14 persen dibanding tahun sebelumnya. Di Terminal Ferry Domestik Telagapunggur, jumlah penumpang mencapai 144 ribu orang, sedangkan di Terminal Ferry Domestik Sekupang mencapai 106 ribu orang.
Arus penumpang di Terminal Ferry Internasional bahkan lebih tinggi, dengan 341 ribu penumpang tercatat selama periode Nataru 2023. Angka ini diperkirakan akan terus meningkat pada libur Nataru 2024/2025.
Baca Juga:Â Cegah Kriminalitas dan Perjudian, Polresta Barelang Gencarkan Pembangunan Pos Siskamling
Untuk memastikan kelancaran perjalanan, BP Batam juga menggelar rapat koordinasi dengan berbagai pihak terkait. Instansi yang terlibat meliputi KSOP, Bea Cukai, Imigrasi, Balai Besar Karantina Kesehatan, serta otoritas TNI/Polri.
“Sinergi ini menjadi kunci utama dalam menjamin kelancaran dan keselamatan perjalanan selama masa angkutan Natal dan Tahun Baru. Kami mengapresiasi dukungan semua pihak yang terlibat,” kata dia.
Langkah antisipatif ini dia harapkan mampu memastikan kenyamanan, keamanan, dan kelancaran mobilitas masyarakat Batam dan sekitarnya selama musim liburan. (*)
Reporter: Arjuna