Kamis, 30 Mei 2024
spot_img

BP dan Pemko Batam Gesa Proyek Pelebaran Drainase di Batuaji

Berita Terkait

spot_img
bp batam jalann
Kepala BP Batam, Muhammad Rudi, meninjau proyek pelebaran jalan dan pembangunan drainase DAM Baloi di Jalan Yos Sudarso. Foto: BP Batam untuk Batam Pos

batampos– Proyek pelebaran drainase induk di simpang RKT, Kelurahan Buliang, Kecamatan Batuaji sudah memasuki tahap pengerasan. Proyek penanganan banjir dari Badan Pengusahaan sudah selesai dengan penggalian dan pendalaman alur drainase.

Pantauan di lapangan akses jalan yang sempat ditutup sudah kembali dibuka, sebab U Ditch atau coran semen berbentuk U sudah kembali dipasang, menutupi ruas jalan yang digali sebelumnya. Bagian sisi kiri kanan jalur penyebaran air masih dalam proses penggalian sebab itu harus lebih lebar dan dalam yang berbentuk seperti bak penampungan air.

BACA JUGA: Cegah Banjir di Tiban Terulang: Bersihkan Drainase dari Sampah, Pemilik Diminta Rapikan Kabel Utilitas

Sekretaris Kecamatan Batuaji Anwaruddin sebut, pemko dan BP Batam memang memberikan perhatian yang cukup serius dengan program normalisasi drainase sepanjang tahun 2023 ini. Selain di lokasi proyek BP Batam tadi, normalisasi juga dilakukan di drainase induk di samping Mitra Mall dan simpang Taman Makam Pahlawan Bulan Gebang, kelurahan Bukit Tempayan oleh Pemko Batam. Dinas Bina Marga dan sumber daya air kota Batam juga merombak habis dua drainase induk itu agar lebih lebar dan dalam.

“Alhamdulillah, tiga proyek ini masih terus berjalan dan hasilnya mulai nampak. Banjir mulai berkurang. Termasuk yang di pemukiman, ” ujar Anwaruddin.

Perhatian pemerintah dengan persiapan banjir ini diharapkan Anwaruddin dapat dijaga dengan baik oleh masyarakat Batuaji dengan cara tertib membuang sampah dan rutin melakukan gotong royong membersihkan saluran drainase. (*)

reporter: eusebius sara

spot_img

Update