Jumat, 19 April 2024
spot_img

BPN Batam Luncurkan Layanan Roya Satu Jam Selesai

Berita Terkait

spot_img
bpn
Humas BPN Batam, Yudo saat menjelaskan terkait pengurusan Roya satu jam selesai. Foto: Yulitavia/Batam Pos

batampos – Kantor Badan Pertanahan Nasional (BPN) meluncurkan Pelayanan Roya Satu Jam Selesai (Persase). Layanan ini merupakan inovasi yang memudahkan pemohon terkait pengurusan pertanahan.

Roya merupakan penghapusan hak tanggungan pada sertifikat dan buku tanah hak tanggungan di Badan Pertanahan Nasional. Hak tanggungan adalah jaminan pelunasan utang. Surat roya diterbitkan oleh BPN jika pemilik tanah telah melunasi pembayaran Kredit Kepemilikan Rumah maupun utang pembelian tanah.

Humas Kantah Batam, Yudo Prio, mengatakan, Roya merupakan bagian terpenting dalam pertanahan, sebelum melakukan transaksi.

Persase merupakan bentuk percepatan layanan pertanahan kepada pemohon. Melalui pelayanan pengurusan Roya selesai dalam waktu 60 menit atau satu jam kerja.

Baca Juga: Ombudsman Buka Posko Pengaduan PPDB 2023, Silahkan WA ke 08119813737

“Pelayanan ini khusus bagi pemohon pribadi dan tidak diwakilkan. Jadi pemilik sertifikat asli yang urus langsung, tanpa diwakilkan untuk pengurusan Roya ini,” kata dia saat dijumpai di Kantah Batam, Senin (29/5).

Yudo menjelaskan, layanan Persase ini merupakan yang pertama kali digelar di Kantor Wilayah BPN Kepri. BPN Batam menjadi yang pertama meluncurkan percepatan layanan Roya ini.

Pada standar operasional (SOP) layanan Roya selesai dalam waktu lima hari. Tahun 2017 lalu, BPN Batam melakukan percepatan penyelesaian Roya menjadi satu hari.

“Tahun 2023 ini, BPN Batam kembali memangkas waktu pengurusan menjadi satu jam siap. Jadi pengurusan Roya bisa ditunggu, dan cepat,” ungkap Yudo.

Baca Juga: Juknis PPDB SMA dan SMK Belum Keluar, Orangtua Calon Siswa di Batam Resah

Saat ini jumlah pengguna layanan itu masih 5-7 orang setiap harinya. Dengan penyebaran informasi, diharapkan masyarakat bisa memanfaatkan kemudahan, dan percepatan layanan Persase ini.

Untuk syarat pengurusan Roya, masyarakat cukup menyiapkan dokumen penunjang. Pemohon bisa langsung mendaftar, dan sekaligus mengajukan permohonan melalui pesan WhatsApp di nomor 081378323077.

Selanjutnya pemohon wajib scan dokumen yaitu Sertifikat asli, sertifikat hak tanggungan asli, surat Roya yang dikeluarkan bank yang ditujukan kepada Kepala BPN dan bercap basah (asli), dan terakhir KTP pemilik sertifikat.

Baca Juga: Polisi: Dua Pengusaha Batam yang DPO Jangan Kabur

“Sangat mudah sekali caranya. Jadi tinggal ajukan dan kirim persyaratan sesuai dengan yang ditentukan. Nanti petugas akan malas pesan singkat terkait jadwal kedatangan ke kantor,” ucapnya.

Ia mengungkapkan saat ini Kantah BPN Batam juga tengah persiapan menuju adalah singkatan dari Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM).

Inovasi Persase menjadi salah satu yang ajukan menuju WBBM. Selain itu Kantah Batam juga melakukan beberapa peningkatan pelayanan yaitu, jalur ramah disabilitas.

Tersedianya paving box di depan pintu masuk kantor pelayanan BPN Batam. Di depan pintu, petugas juga langsung menyambut pemohon disabilitas.

Kantah Batam juga menyediakan jalur khusus atau jalur prioritas bagi pemohon yang merupakan penyandang disabilitas. Khusus bagi pemohon disabilitas, semua diprioritaskan untuk pelayanan, termasuk percepatan layanan.

Baca Juga: BPOM Batam Telesuri Kosmetik Ilegal yang Dijual Secara Online

Selain itu, di ruang pelayanan tersedia area bermain anak. Jika orangtua tengah mengajukan permohonan, anak bisa bermain tanpa bosan.

“Ada juga layanan nursery room. Jadi bagi pemohon yang bawa bayi bisa menggunakan ruang khusus untuk menyusui atau sekedar mengganti popok anak,” jelasnya.

Ruang pelayanan Kantah Batam terpadu ini juga menyediakan tempat khusus untuk mendukung produk UMKM Batam.

“BPN juga konsen untuk mendukung lokal pride. Salah satunya kami menyediakan spot khusus untuk UMKM menitipkan produk mereka. Syaratnya asalkan masuk dalam binaan BPN Batam,” imbuhnya.

Peningkatan berbagai pelayanan ini juga dilakukan mulai dari ruang pelayanan. Kenyamanan pelayanan menjadi prioritas. Hal ini merupakan persiapan menuju WBBK.

“Kami terus berinovasi demi memberikan kenyamanan terhadap layanan pertanahan. Mulai dari menyediakan ruang pelayanan yang nyaman. Sehingga pemohon bisa menunggu dengan tenang,” tutup Yudo.(*)

Reporter: Yulitavia

spot_img

Update