Kamis, 9 Januari 2025

Dewan Minta Dishub Terus Perbaiki Pelayanan Parkir di Batam

Berita Terkait

spot_img
Seorang juru parkir menarik retribusi parkir kendaraan yang keluar dari area parkir di kawasan Batamcenter, Selasa (16/1). F Cecep Mulyana/Batam Pos

batampos – Anggota DPRD Batam, Hendra Asman menyikapi perihal belum optimalnya pelayanan parkir di Batam. Ia meminta tegas Dishub Batam untuk terus memperbaiki pelayanan.

Warga sudah membayar, dan dituntut untuk ikut dengan tarif baru ini, namun Dishub tidak menyamakan langkah dengan menyiapkan fasilitas, dan jukir yang sesuai dengan yang mereka tetapkan.


“Dishub harus tanggung jawab. Kalau mau naikkan tarif tentu harus siap semua. Kalau keluhan masih ada, artinya pelayanan belum optimal. Di mall parkir ada tiket, dan kendaraan aman. Di parkir tepi jalan harusnya mengadopsi itu. Karena tarif motor sama, hanya beda di kendaraan roda empat saja,” tegasnya.

Baca Juga: Disnaker Batam Buka 48 Jenis Pelatihan Kerja bagi 1.161 Pencari Kerja, Ini Daftarnya

Dinas Perhubungan(Dishub) Kota Batam mengakui kelemahan pengawasan terkait karcis parkir dan jam operasional juru parkir.

Kepala UPTD Parkir, Alexander Banik mengatakan hingga kini masih terus mengedukasi jukir untuk terus memberikan karcis, kepada warga yang akan membayar parkir.

“Kami juga minta pemilik kendaraan minta. Karena itu juga membantu. Jadi sama-sama peduli. Kalau jukir harus kami akui dari segi pendidikan sudah tidak bisa diatur itu. Tapi ini masih jadi PR bagi kami,” kata dia, Selasa (16/1).

Baca Juga: Pajak Hiburan di Batam Ditetapkan 40 Persen

Pihaknya juga tidak bisa menegaskan jika tidak ada karcis tidak bayar. Karena ini menyangkut pendapatan di lapangan. Alexander mengungkapkan, tugas dari Dishub memberikan karcis, dan jukir memiliki kewajiban untuk memberikan kepada warga yang akan bayar parkir.

“Di lapangan yang parkir ini tidak meminta, jadi jukir juga tidak kasih. Ini yang akan kami edukasi ke depannya. Makanya kami ingin mengubah sistem, salah satunya menerapkan sistem barcode atau non tunai,” ujarnya.

Pihaknya sudah mencetak kebutuhan karcis selama satu bulan. Saat ini sudah didistribusikan kepada jukir. Saat ini terdapat 590 titik parkir. Semua jukir dibekali dengan seragam bernomor khusus, dan karcis parkir.(*)

 

Reporter: Yulitavia

spot_img

Update