Jumat, 20 September 2024
spot_img

DLH Siapkan Layanan Pengaduan Sampah dan Penjemputan Sampah Bersih ke Rumah

Berita Terkait

spot_img

 

 



batampos – Dinas Lingkungan Hidup Kota Batam memberikan layanan pengaduan persampahan dan pelayanan Jemput Sampah Bersih ke Rumah bagi masyarakat Batam.

sampah
Foto: DLH
Petugas patroli sampah menyisir jalan protokol untuk membersihkan sampah di jalan.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Batam Herman Rozi mengatakan, ada dua layanan terbaru yang disediakan saat ini. Pertama layanan pengaduan persampahan dimana masyarakat bisa melaporkan ke DLH jika sampah di perumahan atau kawasannya belum diangkut petugas DLH.

“Kita siapkan call centernya di Nomor 08117776507. Misalnya sampah belum diangkut lewat schedule yang ditetapkan yakni dua kali seminggu bisa langsung menghubungi call center tersebut, ” ujar Herman kepada Batam Pos, Senin (15/5).

Ia berharap dengan adanya layanan pengaduan ini dapat memudahkan masyarakat dalam hal komunikasi dengan pihak dinas. “Bila di suatu tempat masih terdapat tumpukan sampah yang tidak diangkut petugas, maka dapat melaporkan secara langsung ke nomor tersebut. Call center ini berlaku untuk pengangkutan sampah khusus yang dikelola DLH ” lanjutnya.

Selain itu saat ini DLH telah melakukan patroli sampah minimal satu kali sehari guna menyisir jalan-jalan protokol dan sampah liar yang ada di seluruh Kota Batam. Semisalnya sampah yang terjatuh di jalan protokol akan dibersihkan oleh petugas patroli ini sehingga ke depan tak ada lagi sampah berserakan di jalan.

“Untuk saat ini ada 5 unit pick up yang kami siapakan di seluruh Kota Batam guna membersihkan sampah di jalan-jalan di jalan protokol atapun sampah liar lainnya, ” ungkap Herman.

Ditambahnya, nomor layanan pengaduan DLH ini dikelola oleh admin tersendiri yang nantinya akan melaporkan pengaduan dari masyarakat tersebut kepada petugas yang berkaitan. Selanjutnya, petugas berwenang langsung menindaklanjuti permasalahan yang dilaporkan masyarakat terkait sampah ini.

Terobosan kedua adalah call center 3 R, yaitu call center untuk penjemputan sampah terpilah yang memiliki nilai ekonomis. Seperti diketahui di Kota Batam memiliki bank-bank sampah yang bertugas memilah sampah yang memiliki nilai ekonomis.

Sebagai contohnya yang memiliki nilai ekonomis itu seperti kardus, kaleng minuman, botol dan tutup botol. Barang-barang tersebut dipilah dan dikumpulkan masyarakat. Untuk call center penjemputan penjemputan sampah terpilah ini di nomor 08117750414. Selanjutnya petugas dari DLH akan datang ke rumah menjemput sampah bernilai ekonomis ini.

“Selain penjemputan di unit bank sampah kita juga langsung datang ke rumah-rumah warga untuk menjemput sampah yang bernilai ekonomis ini. Syaratnya minimal harus terkumpul 50 kg kita langsung jemput ke rumah. Kedua terobosan ini merupakan salah satu upaya kita dari DLH di dalam meminimalisir persoalan sampah di Kota Batam, ” tutupnya. (*)

 

Reporter : Rengga Yuliandra

spot_img
spot_img

Update