batampos – Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Batam, Kepulauan Riau, menargetkan 11 koridor Bus Trans Batam. Ini dilakukan guna menjangkau akses warga setempat dalam penggunaan transportasi umum.
Saat ini, terdapat sembilan koridor atau jalur lintasan Bus Trans Batam. Lalu, dua jalur baru ditargetkan dapat berjalan secepatnya.
Kepala Dishub Batam, Salim mengatakan, penambahan koridor bus berbarengan dengan penambahan beberapa armada baru. Setelah itu, barulah rute-rute ditambah.
“Untuk dua koridor tambahan rutenya Tembesi – Barelang, dan Nongsa – Jodoh,” katanya, Kamis (18/7).
Baca Juga:Â DPRD Soroti Layanan Bus Trans Batam Belum Efektif Menjangkau Warga Secara Optimal
Ia sengaja memfokuskan penambahan koridor di wilayah tersebut. Maksudnya, agar kebutuhan transportasi umum oleh masyarakat di sana terpenuhi.
“Di Barelang, Tembesi, itu banyak yang menggunakan transportasi umum. Kebutuhannya tinggi. Makanya kami fokuskan penambahan koridor di sana,” ujar Salim.
Armada Bus Trans Batam saat ini ada 20 yang beroperasi setiap harinya. Fasilitas di dalam bus juga semakin baik. Dishub Batam terus memberikan pelayanan terbaik ke masyarakat.
Pemerintah Kota (Pemko) Batam, sebelumnya telah menerapkan sistem pembayaran Bus Trans Batam dengan metode Kartu Uang Elektronik (KUE) atau e-money, dalam mendukung mendorong penerapan sistem pembayaran non tunai.
Baca Juga: Kasus Penggelapan Mobil Rental di Batam Terungkap, Pelaku Diproses di POM Lantamal IV
Salim menyebut,untuk mendukung hal tersebut, pihaknya melalui BLUD UPT Pelayanan Jasa Transportasi Dishub Kota Batam menjalin kerja sama dengan sejumlah perbankan, yaitu Bank Mandiri, BRI, BNI, dan BCA.
Dengan adanya perjanjian kerja sama tersebut, maka pelayanan pembayaran Bus Trans Batam diharapkan semakin meningkat dan memudahkan masyarakat. Tak cuma itu, hadirnya layanan nontunai ini meningkatkan efektivitas proses pembayaran moda trasnportasi umum Batam itu.
“Di era digital ini hampir semua transaksi menggunakan nontunai. Bus Trans Batam sebagai salah satu fasilitas publik berupaya memberikan pelayanan yang baik,” ujar Salim. (*)
Reporter: Arjuna