batampos – Corcom SPAM Batam, Ginda, menanggapi keluhan masyarakat Perumahan Putrra Jaya, Tanjunguncang, terkait aliran air yang tidak mengalir selama 24 jam.
Ia mengatakan, pihaknya memberikan solusi jangka pendek dan solusi jangka panjang terhadap permasalahan air yang dihadapi warga Tanjunguncang.
“Untuk solusi jangka pendek, SPAM Batam akan berusaha memaksimalkan distribusi air ke warga dengan menggunakan mobil tangki. Sementara untuk jangka panjang, saat ini tengah disiapkan WTP baru dengan kapasitas 350 liter per detik,” ujarnya, Selasa (1/11/2022).
Baca Juga:Â Aliran Air Mati 24 Jam di Perumahan Putra Jaya Tanjunguncang
Ia menjelaskan, pembangunan WTP saat ini sedang berjalan dan proses lelang.
“Itu bisa mengatasi di perumahan Putra Jaya, Barelang sama Central Raya. Jadi ada solusi jangka pendek dan solusi jangka panjang yang ditawarkan,” katanya.
Ia melanjutkan, untuk solusi jangka panjang itu diestimasikan satu hingga dua tahun kedepan.
Baca Juga:Â BTKLPP Pastikan Belum Ada Covid-19 Omicron Sub Varian XBB di Kepri
Sehingga, menjelang pembangunan WTP itu selesai, pihaknya akan berusaha dengan maksimal untuk memenuhi kebutuhan warga dengan mobil tangki.
“Jadi diharapkan warga bisa bersabar untuk bisa menunggu, dan sembari menunggu kita menawarkan solusi sekarang ini adalah lobil tangki,” katanya.
Ia menambahkan, permasalahan air yang saat ini dikeluhkan warga akibat pertumbuhan penduduk yang cukup tinggi di Batam. Sementara hingga saat ini hanya ada 6 WTP yang dikelola.
Baca Juga:Â Best Western Premier Panbil Ajak Belasan UMKM Batam Gerakkan Ekonomi Pasca Pandemi
Adapun masalah air ini merupakan masalah yang sederhana. Pertama masalah waduk dan masalah kedua adalah jaringan.
“Dua ini kalau sudah oke, mudah mudahan permasalahan air di Batam sudah selesai,” imbuhnya. (*)
Reporter: Eggi Idriansyah