Selasa, 28 Mei 2024
spot_img

Kabel PJU Dicuri, Jalan Jadi Gelap

Berita Terkait

spot_img
IMG 20240418 WA0006
Kabel PJU yang dicuri. Foto: Rengga Yuliandra/ Batam Pos

batampos – Padamnya lampu Penerangan Jalan Umum (PJU) di sejumlah ruas jalan dikeluhkan warga. Namun diketahui padamnya PJU tersebut diduga akibat ulah orang tidak bertanggung jawab.

Kepala Bidang PJU Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air Batam Kukuk mengatakan, padamnya PJU tidak jarang akibat pencurian kabel instalasi PJU. Hal ini diketahui setelah petugas yang melakukan pemeriksaan di sejumlah tiang PJU.

“Ada juga kabel kita yang dicuri atau komponen lain sehingga menyebabkan lampu jalan jadi padam, ” ujarnya, Jumat (26/4).

Atas pencurian kabel PJU ini, Kukuk mengaku sudah beberapa kali membuat laporan ke pihak kepolisian. Semisalnya, pencurian kabel PJU di daerah Sekupang beberapa waktu lalu sebelum akhirnya pihak kepolisian menangkap pelaku pencuri.

“Di beberapa tempat sudah kita laporkan di polsek terkait berdasarakan wilayah pencurian. Semisalnya saat pencurian kabel di Sekupang dan Batamkota kita laporkan juga,” ujarnya.

Ditambahnya, pada saat membuat laporan ini pihaknya turut serta melampirkan bukti-bukti di lapangan, seperti kabel PJU atau bekas konektor yang terpotong atau slot MCB yg hilang. “Kita selalu laporkan setiap kali pencurian di fasilitas kami, ” bebernya.

Untuk saat ini kata Kukuk, pencuri kabel PJU tak hanya melakukan pemotongan dan pencurian kabel saja. Melainkan ada juga yang dipotong itu kabelnya PLN, yang merupakan sumber arus ke PJU.

“Dan jika kabel PLN biasanya kita hanya mengindikasikan ke PLN dan ditindaklanjuti ke PLN,” katanya.

Kukuk mengaku akan segera menindaklanjuti laporan warga tersebut. “Kita akan perintahkan teknis untuk mengecek dulu ke lokasi, ” ujarnya.

Sementara itu warga mengeluhkan padamnya lampu PJU di sepanjang jalan Yos Sudarso dari arah King Hotel menuju Gogo Supermarket Bengkong. Padamnya lampu ini membuat warga khawatir akan adanya kecelakaan dan tindak kriminal.

“Iya udah beberapa hari ini mati lagi, kita gak tau apakah itu rusak atau kabelnya dicuri lagi, ” ujar Yani warga Batu Ampar. (*)

Reporter: Rengga Yuliandra

spot_img

Update