Minggu, 23 Juni 2024
spot_img

Kadinkes Batam Sebut Gejala Virus Covid-19 Singapura Ringan dan Tidak Mematikan

Berita Terkait

spot_img
dr Didi Kusmarjadi
Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Batam Didi Kusmarjadi.

batampos – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Batam menyampaikan situasi penularan Covid-19 masih terkendali meski ada lonjakan kasus di Singapura.

Kepala Dinas Kesehatan Batam Didi Kusmarjadi menyebutkan, varian virus Covid-19 dari Singapura ini tidak bergelaja berat serta menyebabkan keparahan dibanding dengan varian lainnya.

“Yang terbaru ini straightnya tidak mematikan dan tidak bergejala berat, ” ujarnya, Selasa (28/5).

Baca Juga: Sabu Cair Dikendalikan WNA, Jaringan Dibongkar Polda Kepri di Hotel Planet Holiday dan Apartemen

Menurutnya, saat ini belum ada notifikasi dari pihak kementerian mengenai varian terbaru ini. Hanya saja internal daerah sudah mengingatkan kepada seluruh stakeholder Covid-19 di Batam akan peningkatan kasus di Singapura ini.

“Kita standby saja, sejauh ini belum ada notifikasi ataupun peningkatan kasus di Batam,” tambah Didi.

Disinggung mengenai gejala varian baru dari Singapura ini, Didi menjawab, sama dengan varian lainnya yakni flu, batuk dan sakit tenggorokan. Oleh sebab itu ia menghimbau bagi warga Batam yang mengalami gejala tersebut agar segera memeriksa ke puskesmas ataupun rumah sakit terdekat.

“Kalau ada flu dan batuk kita sarankan agar diperiksa saja,” himbau Didi.

Baca Juga: Daftar Kuota PPDB SMA dan SMK Negeri di Batam, Cek Yuk!

Diketahui, Singapura melaporkan peningkatan kasus Covid-19 pada pertengahan Mei tahun ini. Menteri Kesehatan (Menkes) Ong Ye Kung mengatakan, sebanyak 25.900 penularan Covid-19 tercatat dilaporkan pada sepanjang 5-11 Mei 2024.

Jumlah ini meningkat sebesar 90 persen, bila dibandingkan dengan 13.700 kasus pada pekan sebelumnya. Kemudian, diperkirakan jumlah orang yang terinfeksi virus SARS-CoV-2 ini bakal naik signifikan pada akhir Juni 2024. (*)

 

Reporter: Rengga Yuliandra

spot_img

Update