batampos – Angkatan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) Telaga Punggur, Batam mencatat pergerakkan pendaftar online kendaraan roda empat tujuan Selari, Riau sudah penuh hingga tanggal 19 April untuk mudik Lebaran 2023. Sementara untuk tujuan Kuala Tungkal, Jambi masih terdapat kouta untuk pemudik.
“Informasi ini selalu di-update setiap harinya di laman Instagram ASDP Batam untuk tanggal 14 sampai 19 April kouta pendaftar pemudik sudah full tujuan keberangkatan ke Sei Selari dengan total 351 pendaftar, sementata untuk Kuala Tungkal masih ada kutoa yang kosong,” ujar General Manager ASDP Telaga Punggur, Marsadik, Rabu (5/4/2023).
Marsadik menambahkan, pendaftar pemudik tujuan Selari sudah terverifikasi.
Baca Juga:Â Cerita Angga, Pemilik 7 Toko Emas di Botania 1 yang Hangus Terbakar
Meski begitu, animo masyarakat sangat tinggi. Terbukti dengan banyaknya pendaftar melalui layanan online Whatsapp yang disediakan ASDP Batam.
“Jadi untuk keberangkatan tanggal tersebut nanti akan dialihkan ke tanggal yang masih ada slot kuota pendaftar yang kosong,” ujarnya.
Proses pendaftran secara online nantinya admin dari hotline whatsapp ASDP Telaga Punggur akan mengirim formulir data identitas kendaraan berserta penumpang kepada pengguna jasa untuk dilakukan pengisian.
“Pengguna jasa mengisi formulir tersebut sesuai dengan data identitas kendaraanya (STNK) dan data identitas penumpang,” ujarnya.
Baca Juga:Â Sepekan Kedepan Batam Masih Diguyur Hujan Malam dan Pagi Hari
Kemudian pengguna jasa mengirim kembali formulir data identitas kendaraan dan penumpang yang sudah diisi kepada admin hotline Whatsapp ASDP Telaga Punggur dengan melampirkan foto STNK dan KTP secara jelas (kendaraan tidak bermasalah dengan kepabeanan / FTZ).
“Admin akan melalukan verifikasi data. Apabila data dinyatakan lengkap dan sesuai maka akan diberikan nomor antrian kendaraan dalam bentuk file PDF dalam waktu sehari dari waktu pendaftaran dalam jam kerja,” ujarnya.
ASDP juga mengimbau kepada masyarakat untuk sabar dalam melakukan antrean, sebab para petugas akan siap melayani para calon penumpang.
“Kami mendahulukan yang lebih dahulu menghubungi. Jadi kami mulai dari yang paling bawah,” kata dia.
Baca Juga:Â Pendaftaran IMEI Ponsel di Pelabuhan Batam Center Tidak Ganggu Pariwisata
Sehingga ia berharap, bagi para calon pendaftar yang menghubungi melalui hotline WhatsApp agar tidak melakukan pemesanan ganda.
“Kalau dia hubungi berkali-kali, otomatis antrean dia nanti jadi paling atas. Kalau ada pesan baru dia naik ke atas, sehingga yang kami utamakan yang di bawah,” kata dia.
Ia juga berharap, para pemudiak untuk merencanakan lebih awal persiapan mudik lebaran tahun ini. (*)
Reporter: Azis Maulana